Tidak Difungsikan, TPK Desa Sungai Bakau Kecil Kecewa

oleh
Kantor Desa Sungai Bakau Kecil

Mempawah, BorneOneTV.com  – Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Sungai Bakau Kecil kecewa dengan sikap dan tindakan Kepala desa yang berbuat semaunya. TPK desa hanya penonton saat proses pembangunan proyek Dana Desa, dimana Kepala Desa bertindak seolah-olah seorang pemborong.

“Sesuai Peraturan Pemerintah, terkait pengelolaan Dana Desa yang dikerjakan dengan sistem swakelola. Namun kenyataan di lapangan tidak sesuai peraturan, karena Tim Pelaksana Kegiatan tidak difungsikan sebagai foksi TPK. Kita hanya pelengkap aministrasi saja, karena Kepala Desa tidak pernah berkoordinasi untuk membeli bahan material ataupun yang lainnya, Kepala Desa saja yang berperan aktif sesuai kehendaknya sendiri,” kata Samuri, salah satu TPK Desa Sungai Bakau Kecil, saat ditemui media ini, Jumat (20/12).

Samuri berharap, Pemkab Mempawah beserta instansi terkait agar segera meninjau sistem Pengelolaan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Dana Desa ini. “Kita minta Kepala Desa Sungai Bakau Kecil untuk memfungsikan TPK sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. Kalau kami tidak difungsikan, lebih baik pengelolaan Dana Desa tidak diteruskan. Kita juga sudah menyampaikan persoalan ini ke Inspektorat Kabupaten Mempawah, cuma sampai hari ini belum ada hasilnya,” ungkapnya.

Lebih jauh, Samuri menjelaskan, di Desa Sungai Bakau Kecil ada  empat unit pembangunan posyandu mencakup pagu dana sebesar Rp 766.120.000. “Kegiatan tersebut tidak sesuai RAB baik belanja material maupun jasa dan upah  yang dilaksanakan oleh kades. Dimana dalam kegiatan pembangunan posyandu tersebut di dalam RAB ada penyediaan molen, tetapi pelaksanaan di lapangan tidak menggunakan molen. Kemudian masalah upah tukang di dalam RAB sebesar Rp 38.200.000, kenyataan hanya Rp 25.000.000. Kami mengetahui nominal tersebut setelah dipanggil untuk menanda tagani SPJ pada hari senin tanggal 16 Desember 2019 lalu Dikantor Desa Sungai Bakau Kecil,” tuturnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *