Sebanyak 33 Panwascam Melawi Dilantik

Melawi-BorneOnetv. Sebanyak 33 Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam) Kabupaten Melawi resmi dilantik oleh Bawaslu Melawi, Minggu sore (22/12) di salah satu hotel di Nanga Pinoh mengatakan pelantikan ini menandai dimulainya tugas pengawasan untuk tiap tahapan Pilkada Melawi yang saat ini sudah mulai berjalan.
“Tiap kecamatan ada tiga anggota Panwascam. Total ada 33 Panwascam yang hari ini dilantik. Mereka akan menjadi ujung tombak pengawasan Pilkada Melawi yang akan dihelat pada 2020 mendatang.,” ungkap Ketua bawaslu Melawi,Johani, usai melakukan pelantikan.
Lebih lanjut Ia mengatakan, pelantikan Panwascam juga dihadiri Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar, Muhammad. Ia meminta jajaran Panwascam mampu menjaga integritas dan netralitas serta jalankan amanah undang undang dan peraturan.
“Karena memang banyak hal yang menggoda jajaran kita di bawah. Harapan kita jajaran kita dari Panwascam sampai PPL tidak mudah terprovokasi maupun terperdaya untuk mengingkari integritas dan sumpah janji yang sudah diucapkan,” katanya.
33 Panwascam, kata Johani akan bertugas hingga November 2020 mendatang. Ia mengungkapkan banyak muka-muka baru yang terpilih dalam seleksi Panwascam tahun ini. Walau memang beberapa anggota Panwascam pernah bertugas saat Pilkada Gubernur Kalbar serta Pemilu Serentak 2019.
Proses rekrutmen Panwascam, kata Johani sudah dimulai sejak bulan lalu. Ada 130 pendaftar Panwascam yang menyerahkan berkas pendaftarannya ke kantor Bawaslu Melawi. Dari jumlah tersebut , sembilan pendaftar gugur saat seleksi administrasi.
“121 pendaftar kemudian mengikuti tes tertulis online dan wawancara. Dari tahapan tes ini, kemudian ditetapkan enam besar calon Panwascam dengan melihat nilai tertinggi. Tiga besar terpilih menjadi anggota panwascam dan tiga berikutnya menjadi cadangan,” pungkasnya. (Dedi Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.