Dianggap Murah, Aman dan Nyaman, Kapal Klotok Jadi Pilihan

Penumpang kapal Klotok Teluk Batang - Rasau Jaya didominasi mahasiswa, Minggu (5/1). Rizal/BorneOneTV

Kayong Utara, BorneOneTV.com – Libur natal dan tahun baru sudah usai, kapal penumpang Teluk Batang tujuan Rasau Jaya penuh sesak. Kapal berbahan kayu tersebut didominasi mahasiswa yang menempa ilmu di Kota Pontianak, Minggu (5/1).

Salah satu mahasiswi beralmamater Muhammadiyah Pontianak, Umik mengatakan, pemandangan seperti ini sudah menjadi hal yang biasa ketika musim liburan telah usai maupun sebaliknya saat musim liburan telah tiba. Namun menurutnya, dilihat dari jumlah penumpang masih bisa ditolerir karena masih dalam muatan yang wajar. “Sudah biasa seperti ini, mau diapakan juga, yang penting bisa sampai dengan selamat,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Walau begitu, Umik berharap agar manajemen penjualan tiket bisa diperbaiki lagi, dikarenakan menurutnya, antrian di loket tiket masih belum tertib. “Kalau bisa loket tiket diatur lebih tertib lagi, kemudian pintu masuk dan keluar setelah pembelian tiket harus ada, kalau sekarang,  susah mau keluar saat sudah membeli tiket,” tuturnya.

Harga tiket yang cukup murah bagi kantong mahasiswa menjadi alasan tersendiri kenapa angkutan ini menjadi pilihan. Seperti diakui salah satu penumpang, Romi saat ditemui sedang menikmati perjalanan. “Kalau harganya cukup murahlah, kan cuman 75 ribu saja, tentu pas dikantong  pemudik seperti saya,” katanya sambil tertawa.

Romi meminta agar keamanan dan kenyamanan lebih ditingkatkan lagi terlebih laginya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim liburan. “Kedepannya diharapkan kenyaman dan keaman bisa ditingkatkan lagi, walaupun harga tiket sedikit dinaikkan yang penting penumpang merasa puas,” ujarnya.

Selain membawa penumpang, kapal tersebut juga membawa kendaraan roda dua yang disusun rapi di kabin atas dan dirasa cukup aman dikarenakan setiap kendaraan diikat dibagian rodanya. Kapal Klotok ini dalam sehari lebih dari dua buah yang berangkat mulai dari pagi hingga malam. Jadwal dan tujuannya pun ada yang berbeda. Mulai keberangkatan pukul 10.00 jurusan Teluk Batang – Rasau, pukul 15.00 Teluk Batang- Pontianak,  pukul 17.00  Jurusan Teluk Batang – Rasau Jaya dan pukul 20.00 Teluk Batang Rasau jaya.

Normalnya, memakan waktu perjalanan berkisar antara 11 hingga 12 jam. Didalam kapal tersebut difasilitasi satu buah telivisi untuk menghibur penumpang selama diperjalanan. Mesin penggerak kapal juga cukup besar.

Saat ini menggunakan jalur air bukan pilihan utama saat hendak ke Pontianak. Warga juga bisa melalui jalur darat, yakni  jalan trans Kalimantan. Namun ternyata, Kapal Klotok menjadi pilihan utama kebanyakan warga. Hal ini dikarenakan ditinjau dari segi keselamatan dan kenyamanan yang didapat.

Saat menggunakan Klotok, warga bisa istirahat semalaman mulai dari sejak kapal berangkat. Hal tersebut tidak didapat ketika melalui jalur darat dengan mengunakan kendaraan pribadi. Karena harus berkendaraan hingga berjam-jam. Walaupun sebenarnya bisa saja istirahat sejenak, namun akan memakan waktu tempuh yang cukup lama. Kemudian, ditinjau dari ongkos perjalanan, tidak jauh beda antara menggunakan jalur air atau menggunakan jalur darat. (rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.