Dugaan Suap Komisioner KPU, Alexius Akim: Terserah Masyarakat yang Menafsirkan

Alexius Akim saat diwawancarai awak media di Rumah Radakng Pontianak, Senin siang (13/01). BorneOneTV

Pontianak, BorneOneTV.com – Pada Pemilihan Legislatif 2019 lalu, Alexius Akim adalah calon anggota DPR RI dari partai PDI Perjuangan.  Akim yang mendapatkan suara terbanyak kedua Dapil Kalbar 1, dipecat partainya atas tudingan melanggar kode etik.  Iapun  gagal melenggang ke Senayan dan digantikan calon dari partai PDI Perjuangan lainnya.

“Yang jadi persoalan itu adalah memang saya sebagai orang yang bersentuhan langsung pada waktu itu agak sedikit tanda tanya juga. Mengapa saya sebagai pemenang kedua pada pemilihan legislatif itu kok langsung dipecat tanpa melalui prosedur yang betul,” kata Akim, kepada sejumlah awak media di Rumah Radangk Pontianak, Senin siang (13/01).

Akim menyatakan, soal pemecatannya, ia tidak akan mengadakan perlawanan hukum. Hanya saja waktu itu, kata dia, jika memang melakukan sesuatu seperti apa yang dituduhkan, toh juga penyelenggara Pemilu telah melaksanakan, membuat keputusan dan hasilnya menyatakan tidak ada pelanggaran kode etik.  “Artinya semua clear, cuman kan  saya terlanjur dipecat. Nah yang seperti ini saya sedikit bingung, kok bisa seperti itu orang memperlakukan kita,” ucap mantan Kadis Pendidikan Kalbar tersebut.

Yang membutnya bingung, kata Akim,  jika memang dirinya melanggar kode etik partai, kenapa ada calon  yang mengundurkan diri. “Lalu melengganglah yang nomor empat.  Ini yang sebetulnya jadi teka-teki, menjadi pemikiran orang,” ujarnya.

Belakangan muncul kasus dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019 – 2024 yang melibatkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. Jika ada pertanyan perihal kasus tersebut mirip dengan pemecatannya, Akim mengatakan, itu terserah masyarakat menafsirkannya . “Dalam beberapa hari ini muncul kasus Wahyu Setiawan, lalu masyarakat bertanya-tanya lagi. Mau ngatakan itu sama atau tidak, itu urusan publik, bukan kata saya. Bagi saya yang sudah terjadi ya terjadilah. Tidak apa-apa bagi saya,” jelasnya. (BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.