Pemkab Ketapang Usulkan RSUD Agoesdjam Jadi Rujukan Penanganan Virus Corona

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami.

Ketapang, BorneOneTV.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melalui Dinas Kesehatan telah melakukan sejumlah langkah antisipasi terhadap wabah  virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami mengatakan, rumah sakit rujukan virus corona di Kalbar yang ditunjuk pemerintah provinsi hanya ada tiga, yakni di Pontianak, Singkawang dan Sintang. Mengingat jauhnya jarak tempuh melalui jalur darat ke tiga daerah tersebut, Pemkab Ketapang mengusulkan rumah sakit umum daerah (RSUD) dr, Agoesdjam sebagai rumah sakit rujukakan penanganan virus corona.

“Alasan kami, di Ketapang banyak pekerja asing dari Tiongkok yang datang keluar masuk ke Ketapang untuk PT WHW dan BSM. Kedua, jarak tempuh antara Ketapang ke Pontianak yang menjadi rumah sakit rujukan, di Pontianak Sudarso, rumah sakit Sintang dan rumah sakit Singkawang sangat jauh, memerlukan waktu satu harian,” tutur Rustami, kemarin.

Lanjut Rustami, fasilitas di Rumah Sakit dr. Agoesdjam seperti dari ruang isolasi hingga petugas medisnya sudah tersedia. Selain itu, juga akan melakukan pengecekan terhadap klinik milik perusahaan yang memilki Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok guna memastikan virus tesebut tidak mewabah di Ketapang.

Dinas Kesehatan Kabupaten  Ketapang juga sudah melakukan imbauan terkait informasi dan  beberapa selebaran terkait virus corona, baik gejala klinis, maupun langkah pencegahan dini ke sejumlah rumah sakit, puskesmas di daerah itu.  (ra)

baca juga :  Cegah Virus Corona Masuk ke Kalbar, Imigrasi Pontianak Perketat Pengawasan Kedatangan Wisatawan Asing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.