Lahan yang Terbakar Ditanam Kembali, Masyarakat Diminta Menjaganya

Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan saat membuka Forestival Kapuas di Gardenia Resort and Spa, Rabu (29/1). Istimewa

Pontianak, BorneOneTV.com –  Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar H. Ria Norsan mengatakan, ada program dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat yakni penanaman kembali lahan yang telah terbakar. Masyarakat diminta menjaganya.

“Supaya masyarakat bisa menjaganya, sehingga nantinya tidak dibiarkan, apalagi yang masuk di area perkebunan itu sudah di sampaikan untuk segera ditangani,” kata Norsan, usai membuka Forestival Kapuas “Menuju Pembangunan Hijau di Kalbar”, di Gardenia Resort and Spa, Rabu (29/1).

Norsan menjelaskan, penanaman kembali hutan dan lahan yang terbakarn misalnya dengan tanaman akasia dan nanas untuk di lahan gambut. “Pemprov Kalbar telah mencanangkan pembangunan hijau (Green Growth) yang ramah lingkungan dengan berbasis komoditas sebagai upaya untuk mewujudkan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kesejahteraaan sosial dan kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Norsan, menyatakan, pembangunan Kalbar ke depan diselaraskan dengan pelestarian lingkungan. Menurutnya, pembangunan hijau hanya akan bermakna apabila pemanfaatan sumber daya berkontribusi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Sebab, program pertumbuhan ekonomi hijau harus dijabarkan dan dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan pembangunan yang langsung menyentuh ke masyarakat secara menyeluruh dan adil. “Pembangunan hijau hanya akan berarti jika mampu meningkatkan kemandirian daerah khususnya desa,” ujarnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.