Digerebek Polisi, Penambang Emas Ilegal di Sungai Melawi Kabur 

oleh
Barang bukti peralatan tambang ilegal diamankan di Mapolres Melawi, Senin (17/2). Ira/BorneOneTV

Melawi, BorneOneTV.com – Satuan Reskrim Polres Melawi kembali menertibkan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang beroperasi di Sungai Melawi. Namun, saat dilakukan penggrebekan para pelaku penambangan liar melarikan diri.

Kasat Reskrim Polres Melawi, AKP Primastya Drian Maestro menuturkan penertiban dilaksanakan di jalur Sungai Melawi tepatnya di Dusun Semadin, Desa Semadin Lengkong, Kecamatan Nanga Pinoh pada 9 Februari lalu.

“Akan tetapi sebelum petugas menghampiri, para pekerja  di lanting melompat ke sungai dan berenang ke tepi sungai langsung berlari ke hutan. Dan kami juga berupaya untuk mengejar, namun karena situasi dan kondisi di lokasi sangat susah kita tempyh, jadi petugas mendapatkjan mesin sedot emas yang ditingalkan oleh pekerja dalam keadaan hidup,” ungkap Primastya, Senin (17/2).

Polres Melawi Mengamankan, sebuah pomp , sebuah pompa sedot, sebuah slang spiral, sebuah slang semprot, sebuah drum plastik berwarna biru yang sudah dibelah, kain penyaring . Kemudian ada empat lanting.  “Barang bukti ini kami amankan di Polres Melawi,” ucap Primastya.

Primastya mengatakan, dari peralatan tambang  yang diamankan, Satreskrim Polres Melawi sudah  mengantongi sejumlah nama yang diduga sebagai  pekerja maupun pemilik tambang.  “Kami berusaha melakkukan penangkapan terhadap terduga pelaku. Terduga ada A, S, D dan I,”  tutupnya. (Ira/BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.