Bupati Harap Kapal Bidar Pelangi Jubair Dapat Menghidupkan Wisata Sungai di Kota Sintang

Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menghadiri peluncuran kapal Bidar Pelangi Jubair milik Majelis Adat Budaya Melayu (MABM )di Dermaga Pendopo Bupati, Kamis (20/02/2020). Yusri/BorneOneTV

Sintang, BorneOneTV.com – Kapal Bidar Pelangi Jubair telah diresmikan Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Provinsi Kalbar, Chairil Anwar, Kamis (20/02/2020). Kahadiran kapal ini dipakai untuk berwisata di Sungai Kapuas.

Chairil Anwar berharap hadirnya kapal bidar ini bisa menjadi silahturahim antar kelompok yang ada di Kabupaten Sintang. “Sehingga menjadi kebanggaan semua lapisan masyarakat Sintang dan tentunya ke depan bisa menjadi aikon Kota Sintang,”  ujarnya.

Bacaan Lainnya

Kapal Bidar Pelangi Jubair diluncurkan, Kamis (20/02/2020). Yusri/BorneOneTV

Bupati Sintang, Jarot Winarno juga berharap kehadiran kapal ini dapat menghidupkan wisata sungai di Kota Sintang.  “Dulu banyak kapal di Kota Sintang, seperti Junjung Buih tetapi sudah tidak ada lagi. Jadi dengan adanya Kapal Bidar Pelangi Jubair ini bisa menghidupkan kembali budaya sungai, menghidupkan sektor wisata sungai di Kota Sintang, karena wisata sungai masih dicari oleh masyarakat,” tutur Jarot.

Ketua MABM Sintang H. Ade Kartawidjaja menyampaikan bahwa, untuk menyelasaikan kapal ini dilakukan beberapa tahap. Yakni, membeli perahu dari pihak swasta, setelah itu direnovasi sesuai dengan rancangan yang sudah ditentukan. Lama pekerjaan sekitar dua bulan, panjang kapal 20 meter dan lebar 6,5 meter dengan ketingian kapal 3 meter. Dengan daya tampung penumpang sebanyak 120 orang, ke depan setiap pengunjung akan kita kenakan tarif sekitar Rp 5.000 – 10.000/org,” papar  Ade.

Turut hadir pada peresmian itu, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat yang ada di Kabupaten Sintang. (ysi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.