Bantu Pemerintah Tangani Wabah Corona, Kodam XII/Tpr Dirikan Posko Siaga

Foto Istimewa

Pontianak, BorneOneTV.com – Bantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah menangan wabah Virus Corona atau Covid -19, Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura mendirikan Posko Siaga Covid-19, Minggu (15/3).

Di Kalbar, posko didirikan di Rumkit Tk. II Kartika Husada, Rumah Sakit Tk. IV Sintang dan Rumah Sakit Tk. IV Singkawang. Sedangkan di Kalteng di Rumah Sakit Tk. IV Palangka Raya. Demikian yang disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe melalui rilisnya.

Aulia menuturkan, selain mendirikan Posko, Kodam XII/Tpr juga mendirikan tenda lapangan yang nantinya akan digunakan sebagai ruang isolasi apabila mendapati pasien yang terindikasi terkena virus Covid-19.

“Untuk tenda lapangan ini kami lengkapi dengan 10 tempat tidur berikut sarana medis lainnya, untuk tempat pengisolasian pasien, apabila ditemukan pasien yang terjangkit (positif) Covid-19,” jelas Aulia.

Aulia mengatakan, pendirian Posko Siaga Covid-19 di Rumkit Tk. II Kartika Husada ini sebagai tindak lanjut dari perintah Komando Atas untuk mempersiapkan diri dari segala kemungkinan yang terjadi. Serta sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona, baik kepada Prajurit TNI di wilayah Kodam XII/Tpr maupun kepada warga masyarakat sipil.

“Dalam penanganan wabah Corona ini perlu kolaborasi semua pihak. Untuk itulah TNI dalam hal ini Kodam XII/Tpr berupaya turut membantu pemerintah daerah,” ujarnya.

Aulia  meminta kepada prajurit serta masyarakat di Kalbar dan Kalteng untuk tidak panik terkait merebaknya Covid-19. Selain itu meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks terkait dengan Virus corona

Ia juga mengimbau kepada prajurit agar selalu melakukan pola hidup sehat, misalnya kelola stres, jaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur. Dianjurkan kepada prajurit dan masyarakat untuk menggunakan masker apabila batuk atau pilek, mengkonsumsi gizi seimbang, memperbanyak makan sayur dan buah, serta menghindari kontak langsung dengan hewan, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak. “Sebaiknya kita sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun atau antiseptik,” pungkas Aulia. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.