Masyarakat Dapat Periksa Diri ke Petugas Kesehatan Bila Takut Tertular Corona

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Harisson.

Pontianak, BorneOneTV.com – Saat ini masyarakat banyak bertanya mengenai bagaimana kalau ingin memastikan diri tidak tertular COVID-19. Masyarakat dapat mengunjungi Puskesmas atau rumah sakit pada jam kerja. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium darah dan rontgen.

“Apabila menurut dokter masuk dalam kriteria Pasien dalam Pengawasan maka pasien akan diisolasi dan dilakukan pemeriksaan Laboratorium Swab tenggorokan yang dikirim ke Jakarta,” kata dr. Harisson, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Senin (16/3).

Apabila dokter menyimpulkan bahwa pasien masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan maka masyarakat akan disarankan mengisolasi diri di rumah secara mandiri atau istirahat di rumah, dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Petugas dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota setempat akan melakukan kunjungan rumah untuk memantau kesehatan pasien tersebut.

“Apabila dokter menyimpulkan masyarakat itu sehat tidak masuk dalam Kriteria Pasien dalam Pengawasan atau Orang dalam Pemantauan maka masyarakat dapat beristirahat di rumah dengan tenang, kurangi aktivitas di luar rumah,”  tuturnya. (BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.