Laboratorium Fakultas Kedokteran Untan Disiapkan Sebagai Tempat Uji Sampel ODP dan PDP

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Harisson

Pontianak, BorneOneTV.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, dr. Harisson mengatakan sampel orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dapat diuji di Pontianak menggunakan Alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Sehingga tidak perlu dikirim ke Jakarta dan hasil tes lebih cepat diketahui hasilnya.
Hingga saat ini Fakultas Kedokteran Untan menunggu standarisasi dari Kementerian Kesehatan serta melakukan sejumlah kesiapan seperti menyediakan gedung yang standar dan steril.
“Kita menghadapi kendala bahwa ruang laboratoriumnya sendiri belum memenuhi syarat, tapi tadi sudah saya koordinasi dengan Dekan, Rumah Sakit Untan akan dipersiapkan dalam satu minggu ini akan menyiapkan ruangan yang memenuhi syarat,” kata Harisson, Minggu (5/4).
Lanjut Harisson, setelah itu nanti akan mengundang Balitbangkes untuk melakukan Visitasi serta melakukan pelatihan di Pontianak. “Kita lakukan pelatihan di Pontianak dengan demikian nanti alatnya lengkap kemudian sumber daya manusianya sudah kita latih kemudian nanti reagennya juga akan dapat bantuan dari Balitbangkes,” jelasnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.