banner 120x600

Komisi Yudisial Penghubung Wlayah Kalbar Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi Prilaku Hakim

Komsisi Yudisial melakukan edukasi ajak masyarakat megnawasi prilaku hakim dikalbar
banner 120x600

Pontianak,BorneOneTV-Dalam rangka mewujudkan  peradilan yang bersih ,Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Penghubung Wilayah Kalimantan Barat mengajak peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi prilaku hakim terkait menuntut rasa keadilan dalam proses persidangan.

Koordinator Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Penghubung Wilayah Kalimantan Barat, Budi Darmawan,SH kepada Media Selasa pagi (12/05) diruangkerjannya   mengatakan, Komisi Yudisial merupakan produk reformasi dan merupakan salah satu lembaga negara yang memberikan pengawasan terhadap hakim-hakim yang ada di Kalbar.

“Dan bagi masyarakat yang terseret atau mencari keadilan bisa memberikan pengaduan apabila menemukan hakim yang melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), misalnya seperti, tidak berlaku adil, tidak profesional dan tidak mandiri dalam menangani suatu perkara.

“Masyarakat juga bisa melaporkan jika ada hakim yang melakukan permainan perkara, terlibat narkoba dan asusila,”Ujarnya dalam wawancaranya pada, Kamis (12/5).

Menurut Darmawan, hingga saat ini, secara nasional pengaduan masyarakat terhadap dugaan oknum hakim yang melanggar etik di Kalbar di tahun 2016 sudah masuk dalam 10 besar, ini sangat menyedihkan sekali.

“Dari sebelas Pengadilan Negeri dan sebelas Pengailan Agama yang ada di kalbar yang paling banyak dilanggar oleh oknum hakim adalah pada saat menangani perkara. Contoh kecil misalnya, ada bahasa-bahasa yang tidak pantas diucapkan diruang peradilan serta pertimbangan hukum yang tidak masuk akal,”Ucapnya.( tim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: