banner 120x600

Perlakuan Protokol Covid-19 PT. Dharma Lautan Utama Lebih Dari Standar

banner 120x600

Pontianak,BorneoneTV.Com – Ditengah menghadapi keterpurukan akibat pembatasan muatan kapal dan peniadaan mudik lebaran, PT Dharma Lautan Utama (DLU) masih mampu berbuat lebih untuk membantu pemerintah tanggulangi penyebaran virus Covid-19 melalui angkutan laut dan penyeberangan dengan melaksanakan protokol kesehatan disemua armada dan seluruh cabang serta kantor pusat. Bahkan itu sudah dilakukan sejak dari awal pemerintah menyatakan pandemi untuk wabah Corona.

Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) Pontianak, Kacung Muhadi mengatakan, manajemen merespon cepat atas musibah yang dihadapi bangsa ini dari keganasan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan, pencegahan virus tersebut yang dimulai dari memprotek seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada baik di darat maupun di kapal dengan menjaga imunitas dan melengkapi alat pelindung diri (APD) seperti yang di standarkan oleh pemerintah.

“Setiap SDM .PT. Dharma Lautan Utama ( DLU) diberikan vitamin untuk menjaga imunnya selain dilengkapi APD. Bahkan perusahaan mewajibkan seluruh pegawai mengkonsumsi   baik jamu maupun jus secara rutin  disediakan perusahaan  secara rutin di absen, dan mewajibkan berjemur setiap pukul 10.00 selama 15 menit sebelum melakukan aktivitas kerja,” terangnya kepada  media Sabtu(30/5/2020) siang.

Menurut Kacung Muhadi, kebijakan itu diambil manajemen PT Dharma Lautan Utama (DLU) sebagai upaya pencegahan hingga memutus penyebaran virus Covid-19 di lingkungannya. Bahkan, langkah serius dari perusahaan pelayaran pribumi itu penuh dengan inovasi yang melebihi dari protokol covid-19 yang belum tentu dilakukan oleh perusahaan pelayaran lain, seperti selain mewajibkan berjemur seluruh pegawai dibiasakan untuk olah gerak sedikitnya jalan kaki hingga lari-lari kecil di area lingkungan kantor  yang menjadi budaya pada semasa penanganan virus corona ini.

Lebih lanjut dikatakan di Kantor Cabang Pontianak yang terletak di Jl. Pak Kasih 42 F, Seluruh karyawan berjemur setiap pukul 10.00 selama 15 menit, Karyawan minum suplemen (ramuan tradisional, jus buah, vitamin C dan E) dan dilakukan absen, Penyemprotan disinfektan seluruh ruangan secara berkala, Pelanggan/karyawan melakukan prosedur pemeriksaan suhu tubuh, Cuci tangan dengan sabun  dan melewati chamber desinfektan, petugas pelayanan menggunakan masker dan face shield, melakukan physical distancing dengan memberi jarak kursi ruang tunggu, Mengatur jarak antrian, Banner diruang tunggu tentang protokol dan antisipasi COVID-19 oleh PT DLU, Pemutaran video tentang kesiapan PT DLU dalam menghadapi COVID-19, Safety News tentang COVID-19, disediakan baju APD hazmat,

Di ruang tunggu terminal penumpang Petugas pelayanan menggunakan masker dan face shield, Melakukan physical distancing dengan memberi jarak antrian, Pemberian hand sanitizer di counter check in, Pemutaran video tentang kesiapan PT DLU dalam menghadapi COVID-19, Banner diruang tunggu tentang protokol dan antisipasi COVID-19 oleh PT DLU, Pemeriksaan Kesehatan oleh tim medis, Pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer bagi pengemudi kendaraan dan seluruh penumpang sebelum naik ke atas kapal.”Kesemuanya yang dilakukan semata-mata untuk menjaga aset perusahaan, dan  lebih dini mencegah penyebaran covid-19 itu sendiri,” tandasnya

Begitu juga di kapal, 2 armada kami KM. Dharma Rucitra 9 dan KM. Dharma Kencana yang melayani pelayaran dari Pontianak ke Semarang telah melakukan langkah-langkah guna menjamin para pengguna jasanya aman selama dalam pelayaran hingga tiba di tempat tujuan .  gerakan  sosial  yaitu, Seluruh ABK dengan mengajak pelanggan berjemur setiap pukul 10.00 selama 15 menit, ABK Minum suplemen (minuman tradisional, jus buah, vitamin C dan E), Pemberian paket welcome berupa minuman tradisional bagi pengemudi kendaraan, Penyemprotan disinfektan seluruh ruangan kapal, Penyediaan ruang isolasi khusus diatas kapal jika sewaktu-waktu ada pelanggan yang terdapat indikasi dan gejala COVID-19, Penyediaan baju APD Hazmat bagi ABK, Petugas pelayanan menggunakan masker dan face shield, Seluruh petugas memasak (koki) menggunakan masker dan sarung tangan dalam menyiapkan masakan untuk pelanggan, Petugas melakukan prosedur pemeriksaan suhu tubuh, dan pemberian hand sanitizer kepada pelanggan yang masuk kapal, dan juga telah disediakan tempat cuci tangan saat akan embarkasi, Memperbanyak tempat cuci tangan dan sabun antiseptik diatas kapal, Melakukan physical distancing dengan memberi jarak duduk di kursi.

“Ditambah lagi dengan pemutaran video tentang kesiapan PT DLU dalam menghadapi COVID-19 dan video keselamatan, Banner tentang protokol dan antisipasi COVID-19 oleh PT DLU, Safety News tentang COVID-19, Adanya tenaga medis yang siap melakukan pemeriksaan gejala awal COVID-19,” tegasnya.

“Dipastikan bahwa transportasi itu sendiri aman karena sudah dilakukan protokol kesehatan pencegahan covid-19 sehingga masyarakat juga merasa aman dengan menggunakan jasa transportasi laut milik PT. DLU,” imbuhnya(Humas )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: