2.519 Calon Jamaah Haji Kalbar Gagal Berangkat Ketanah suci

Pontianak, Borneonetv.com_Kantor Kementerian Agama Wilayah  Kalimantan Barat sesuai keputusan Kementerian Agama Ibadah Haji 2020 ditiadakan, terkait dengan pandemi virus corona yang masih melanda Tanah Air maupun Arab Saudi.

Ridwansyah (Kakanwil kemenag) Kal-bar mengatakan, sudah mempersiapkan sesuai dengan arahan dan persiapan pelaksanaan Ibadah Haji sesuai dengan opsi yang sudah ditawar sebelumnya, ada tiga opsi yang pertama berangkat musim haji 2020 , kedua berangkat 50% dan ketiga tidak berangkat. Ujarnya. “Selas 2/6/2020

Lanjutnya Kementerian Agama (KanWil )Kalbar mendapat informasi dari pemerintah pusat Tanggal 2/6/2020 bahwa dengan segala pertimbangan yang disampaikan oleh Pak Mentri ( Kemenag) sangat jelas bahwa tentang waktu yang sangat pendek sekali kemudian ini dalam rangka kondisi darurat Covid-19 tentu menjadi perhatian kita semua adalah keselamatan dan kesehatan jamaah menjadi prioritas utama, kalaupun pelaksanaan Ibadah Haji terjadi dalam kondisi darurat Covid-19 tentu ada yang dikarantina dan memakan waktu lama.

“Dalam kebijakan pemerintah musim haji tahun 2020 dibatalkan termasuk di Kalimantan Barat tentu harus menyesuaikan apa yang menjadi kebijakan dan keputusan pemerintah yaitu Kementerian Agama”. Katanya

Sebanyak 2.519 orang calon Jamaah Haji yang akan siap berangkat tahun 2020, tentu seluruh calon jamaah sudah mempersiapkan diri untuk keberangkatan, “tapi saya pikir dan percaya bahwa bagaimanapun dengan kondisi adanya pandemi Corona jamaah pasti akan memahami maksud itu, kemudian ada 154 orang Jamaah Haji yang belum lunas tapi seluruhnya sudah siap diberangkatkan.

Begitu juga dengan jamaah umrah tentunya sesuai dengan arahan Kementerian Agama dangan masa sekarang ini karena tidak bisa diprediksi Kementerian Agama Kalbar mengarahkan agar tidak membuka pendaftaran jamaah Umrah sehingga tidak menjadi masalah “mudah-mudahan
Dengan adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi pembukaan musim haji dan ini menjadi kesempatan di tahun yang akan datang”

Ridwansyah (Kepala KanWil Kementerian Agama) Kalbar mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama calon jamaah haji Provinsi Kalimantan Barat mudah-mudahan bisa memaklumi dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang menjadi persoalan global termasuk juga Kalimantan Barat dan masyarakat bisa memaklumi dan bersabar dengan kondisi seperti ini tentu ada hikmahnya. Pungkasnya.

(Hadin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.