banner 120x600

Bupati Sekadau Rupinus Hadiri Adat Niri Balai dan Peresmian Balai Betomu Dusun Ladak

banner 120x600

 

Sekadau, BorneOneTV.com – Bupati Sekadau Rupinus, kunjungan kerja ke Dusun Ladak, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau dengan agenda meresmikan balai betomu dan menghadiri Adat Niri Balai. Jumat (26/6).

Menyambut Bupati Sekadau Rupinus dan Rombongan Kepala Desa Meragun Ima Kulat dan sejumlah Pejabat desa meragun

Ikut mendampingi Bupati Sekadau Rupinus, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah raga dan Parawisata Kabupaten Sekadau Paulus Misi, Camat Nanga Taman Paulus Ugang, dan Sejumlah Pejabat tingkat Kecamatan.

Dalam rillis humas Pemda Sekadau, Senin (29/6/2020) Acara di mulai dengan Pemancongan Buluh Muda dan pengguntingan Pita Sebagai tanda diresmikan balai betomu oleh Bupati Sekadau Rupinus. Selanjutkan upacara adat niri bale.

Kepala Desa Meragun Ima Kulata, dalam sambutannya mengucapkan puji syukur atas berdirinya balai betomu yang didirikan menggunakan Dana Desa tahap pertama tahun 2020 tersebut.

“mudah-mudahan di dusun Ladak nanti lebih banyak pembangunan yang masuk karena baru keluar dari kawasan hutan lindung,” ungkapnya

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sekadau Rupinus Mengapresiasi Antusias pemerintah Desa yang sangat memperhatikan pembangunan di wilayah tersebut.

“Terimakasih Ibu Kades sudah memperhatikan jalan di kampung-kampung, membangun jalan ini dengan rambat betomu. Mengenai tradisi budaya, saya sangat berterima kasih dengan masyarakat ini sudah melestarikan,” katanya

Rupinus memaparkan saat ini Pemerintah Daerah Sekadau bersama DPRD sedang merancang rancangan peraturan daerah tentang pelestarian cagar budaya.

Raperda itu sebagai salah satu wujudnya perhatian dan bukti nyata bahwa kebudayaan yang ada saat ini harus tetap dilestarikan.

“Budaya kita ini wajib di lestarikan sebagai jati diri kita sebagai bagian bangsa Indonesia khususnya masyarakat Dayak. Saya bangga, sekali lagi saya sangat mengapresiasi masyarakat disini yang sudah melestarikan budaya,” ungkapnya.

Sementara itu Berkaitan dengan infrastruktur terutama jalan dusun Ladak yang masih Banyak perbukitan, Bupati Sampaikan menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Sekadau.

“Mudah mudahan kalau tidak ada halangan kita akan jalin komunikasi dengan TNI untuk mengerjakan jalan menuju dusun ladak ini,” terang Bupati. (Krisantus

%d blogger menyukai ini: