Wagub Kalbar Cek Peralatan Penanganan Karhutla

oleh
wagub cek kesiapan peralatan penanganan karhutla

Pontianak,BorneoneTV.Com -Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan mengecek peralatan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kalbar dalam acara Penggelaran Peralatan Penanganan Karhutla di Lapangan Janunaraga Polda Kalbar, Selasa (7/7).

Dalam pengecekan itu, Wagub Kalbar H Ria Norsan, didampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Alfret Denny D Tuejeh, Danlantamal XII Laksma TNI Agus Hariadi, Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus dan Ketua Forkom Kebakaran Kalbar Ateng Tanjaya.

Pengecekan ini dalam rangka melihat langsung peralatan yang dimiliki oleh Damkar Swasta, Manggala Agni, BPBD dan TNI-Polri dalam kesiapsiagaan serta mengantisipasi karhutla di Provinsi Kalbar.

Wagub Kalbar H Ria Norsan mengatakan Pemprov Kalbar akan turut serta dalam tindakan prefentif untuk pencegahan Karhutla Tahun 2020.

“Kita harapkan, Tahun 2020 ini tidak terjadi Karhutla seperti Tahun 2019 lalu,” kata H Ria Norsan saat ditemui usai acara Penggelaran Peralatan Penanganan Karhutla di Lapangan Janunaraga Polda Kalbar.

Dikatakannya, Pemprov Kalbar akan melakukan tindakan kepada Kabupaten/Kota di Kalbar yang tidak serius atau tidak mampu menangani Karhutla di wilayahnya akan berdampak pada dana bagi hasil dari Provinsi Kalbar.

“Akan ada aturannya, dan dana bagi hasilnya juga akan berpengaruh pada Kabupaten/Kota yang tidak serius atau tidak mampu mencegah Karhutla di Wilayahnya. Seperti hukumanlan,” ingatnya.

Saat ini, masih kata mantan Bupati Mempawah, Pemprov Kalbar sedang memantau perusahaan-perusahaan yang sudah mendapatkan perimgatan dari Pemprov Kalbar.

“Peruaahaannya dalan waktu dekat akan kita panggil untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Dijelaskannya, ada 47 Perushaan di Provinsi Kalbar yang mendapatkan peringatan yang akan Pemprov Kalbar Panggil untuk dipantau terus. “Kami harap, mereka menjaga lahannya,” pesannya. (Lay).