Ikut Panen Padi di Semabi. Kadis DKP3 Sekadau Sebut Semabi Sentra Padi di Sekadau

oleh
Kadis DKP3 Kabupaten Sekadau Drs Sandae saat memberikan kata sambuta seusai acara panen raya padi, Senin, (13/7). Krisantus/BorneOneTV

Sekadau, BorneOneTV.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau Drs Sandae ikut panen raya padi milik kelompok tani Engkabuh dan Pelaik Permai di Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (13/7). Hadir dalam Panen Raya tersebut, Kepala Desa Semabi Jambri, Polsek Sekadau Hilir dan Babinsa Sekadau Hilir, serta penyuluh pertanian Sekadau hilir.

Saat di wawancarai, seusai acara panen raya padi tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau Drs Sandae mengungkapkan Desa Semabi merupakan satu-satunya sentra pangan khusus padi di Kabupaten Sekadau dengan luas lahan 343 hektare dan sebanyak 39 hektare yang siap di panen.

“Selain di Semabi juga ada beberapa titik sebagai penghasil padi, itu di Rawak Hulu, Rawak Hilir, Merbang, dan Landau Kodah,” jelasnya. Dengan di jadikanya Semabi sebagai sumber penghasil padi, Dirinya berharap agar dapat mendukung, dan bisa menambah kesejahteraan para petani.

Sementara itu, Kepala desa Semabi Jambri mengatakan komoditi yang tinggi bagi warga desa Semabi adalah sawah dan karet.

Jambri berharap dengan adanya tenaga penyuluh dari DKP3, warga desa yang masuk dan kelompok tani dapat lebih aktif berkomunikasi agar berbagai kendala saat bercocok tanam dapat sedikit demi sedikit teratasi.

Adapun kendala yang dihadapi para petani setiap musim panen, kurangnya mesin perontok. Ditambah kondisi infrastruktur jalan tani yang masih belum memadai mengakibatkan proses pengangkutan hasil panen terkendala terlebih di saat musim penghujan. (Krisantus)