banner 120x600

Jakius Sinyor Terpilih Sebagai Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Kalbar

Pembentukan Kelompok Sadar Keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di Rumah Adat Melayu Kalbar, Rabu (15/7).
banner 120x600

 

Pontianak,BorneoneTV.Com -Ketua Dewan Adat Dayak Kalbar Jakius Sinyor terpilih secara aklamasi dalam Sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di Rumah Adat Melayu Kalbar, Rabu (15/7).

Terpilihnya para Tokoh Masyarakat di Kalbar dalam Kepengurusan Pokdar Kamtibmas Kalbar diantaranya mewakili masing-masing Etnis di Kalbar.

“Kami bersama Polda Kalbar telah melaksanakan Rapat Koordinasi Pembentukan Pokdar Kamtibmas Kalbar.  Pengurus yang terbentuk dari 22 Paguyuban di Kalbar. Kami akan melaksanakan kerja sama kami bersama Polri san Polda Kalbar,” kata Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Kalbar, Jakius Sinyor, Rabu (15/7), usai terpilih secara aklamasi dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Pokdar Kamtibmas Kalbar.

Prof Dr Chairil Effendy mewakili MABM sebagai Dewan Pembina, H Sukiryanto mewakili IKMB Kalbar sebagai Dewan Pembina.

Jakius Sinyor terpilih sebagai Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Kalbar mewakili DAD Kalbar, lalu, Wakil Ketua I Drs Budiman Thahir mewakili MABM Kalbar, Wakil Ketua II Rihat Natsir Silalahi mewakili Kerabat, dan Wakil Ketua III Suryanto, SH mewakili MABT Kalbar.

Kemudian, Sekretaris Bambang Setiawan mewakili Paguyuban Sunda Kalbar, Wakil Sekretaris Veronica Aguslina Manao mewakili HIPNI Kalbar, Bendahara H Martias mewakili IKSB dan M Fauzi mewakili IKBM Kalbar.

Bidang Organisasi Edy Suhairul mewakili PJKB Kalbar, dan Jantje G Tambaritji mewaki Kerukunan Keluarga Kawanua Kalbar.
Bidang Kaderisasi H Burhan mewakili KKSS Kalbar, M Yasin mewakili Ikatan Warga Bima NTB Kalbar, dan Auberto MD Siwa mewakili Timorest Gab Mandiri Kalbar.

Bidang Humas Ishak Iskandar mewakili IKABES Kalbar, dan H Sibli mewakili PMB Kalbar.
Bidang Monitoring Marcel Djawa Lodo mewakili Flomabora NTT Kalbar, Oktaf mewakili IKAT Kalbar dan H Nurdin Siregar mewakili KBBI Saroha Kalbar.

Bidang Pengawasan Putu Dupa Bandem mewakili Paguyuban Bali Kalbar dan Tgk Badaruddin mewakili FKKM Kepri.

Ketua DAD Kalbar juga berharap kepada semua Pengurus maupun Pembina Pokdar Kamtibmas Kalbar dapat memberikan rasa aman warga Kalbar yang multi etnis.

Pembentukan Pokdar Kamtibmas Kalbar oleh 22 Paguyuban yang ada di Provinsi Kalbar ini mendapatkan tugas yang tidak ringan, dimana, saat ini negara Indonesia khususnya Provinsi Kalbar sedang mengalami pademi covid-19, dan dalam waktu dekat juga, Provinsi Kalbar akan melaksanakan Pilkada Serentak pada Bulan Desember mendatang.

Dalam waktu dekat juga, Provinsi Kalbar akan memasuki masa musim kemarau, dalam masa ini, akan memberikan dampak terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun. “Pokdar Kamtibmas Kalbar adalah mitra kerja polisi dan peran aktif masyarakat membantu kepolisian,” jelasnya.

Dijelaskannya, kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama 22 Paguyuban yang ada di Provinsi Kalbar untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia.

Pokdar Kamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).

Pokdar Kamtibmas mempunyai Visi, Menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas.

“Pokdar Kamtibmas dibentuk karena dibutuhkan masyarakat yang memang benar-benar ingin menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat,” ujarnya.

Susunan Pengurus Pokdar Kamtibmas Provinsi Kalbar diantaranya, Dewan Pembina Kapolda, Waka Polda, Direktur Binmas, Prof Dr Chairil Effendy, MS, dan H Sukiryanto.

Ketua                   : Ir Jakius Sinyor (DAD)
Wakil Ketua I    : Drs Budiman Thahir, M.Si,
Wakil Ketua II   : Rihat Natsir Silalahi, SE, M.Si
Wakil Ketua III : Suryanto, SH.

Sekretaris : Ir Bambang Setiawan, dan Wakil Sekretaris : Veronica Aguslina Manao. Bendahara : Drs. H Martias, dan Wakil Bendahara : HM Fauzi, S.Sos.

Bidang Organisasi : Edy Suhairul, S.Pdi, dan Jantje G Tambaritji.
Bidang Kaderisasi : H Burhan, M Yasin dan
Auberto MD Siwa.
Bidang Humas : Ishak Iskandar, ST, dan H Sibli, ST, M.Ag.
Bidang Monitoring : Marcel Djawa Lodo, SH, B.BA, Oktaf dan H Nurdin Siregar.
Bidang Pengawasan : Ir. Putu Dupa Bandem, dan Tgk Badaruddin, S.Sos., S.Pt., M.Si. (Lay).

%d blogger menyukai ini: