Oknum Anggota DPRD KotaTidak Bertanggung Jawab,Temenggung Adat Akan Laporkan Ke Polisi

suasana sidang adat
banner 120x600

Pontianak.BorneOneTV.Com– Oknum Anggota DPRD Kota Pontianak, M.Yuli Armansyah (Maman) tidak hadir dalam sidang putusan adat yang dilaksanakan oleh DAD Kota Pontianak, di Rumah Betang, Jalan Sutoyo Pontianak Selatan, Kota Pontianak,Jumat (17/7/2020).

Dalam sidang tuntutan adat sebelumnya, M. Yuli Armansyah dinyatakan telah bersalah atas segala perbuatanya, telah menikahi dan memindahkan agama Yolanda(22),putri dari Y. Aloysius Rewa secara sepihak tanpa sepengetahuan orang tuanya. Dan pada pertemuan tesebut, M.Yuli Armansyah als Maman mengakui semua kesalahanya dan bersedia untuk membayar semua tuntutan adatnya.Namun, hingga akhir batas yang telah ditentukan, M.Yuli Armansyah tidak juga memenuhi kewajibanya,atas sanksi adat yang seharus diselesaikan.

Temengguang adat suku dayak Suru, A.Hudang mengatakan,”sidang adat yang dilaksanakan hari ini (17/7) merupakan tindak lanjut dari tuntuan adat yang disampaikan oleh pihak keluarga korban.

“Setelah dipelajari kasusnya, perbuatan yang dilakukan oleh M.Yuli Armansyah (maman) telah malanggar hukum adat, hukum kekeluargaan dan budaya dari suku dayak Suru. Jadi, M. Yuli Armansyah als Maman harus bertanggung jawab, bukan hanya mengakui bersalah,tapi juga harus menyelesaikan pembayaran adatnya senilai Rp.476.018.400, tidak boleh tunda dan tidak boleh dikurangi sedikitpun nilainya,”ucap A.Hudang.

Menurut temenggung adat suku dayak Suru, A. Hudang,” atas ketidak hadiranya, M. Yuli Armansyah als Maman telah mengingkari atas penyataanya yang telah mengaku bersalah dan siap bertanggung jawab, serta telah melakukan suatu kebohongan telah menyelesaikan tuntutan adatnya, padahal belum ada peselesainya,”ujar A.Hudang.

Temenggung adat suku dayak suru, A. Hudang meminta agar Ketua DPC Partai Nasdem dan Dewan Kehormatan DPRD Kabupaten/Kota, Ketua Wilayah dan Ketua Umum Partai Nasdem serta Gubernur Kalbar agar memproses tindakan yang dilakukan oleh M.Yuli Armansyah als Maman yang dianggap telah melecehkan hukum adat dan melecehkan masyarakat adat untuk ditindaklanjuti.

“Dirinya serta pihak keluarga merasa kecewa atas ketidak hadiran M.Yuli Armansyah als Maman pada sidang tuntutan dan akan melaporkan kasusnya ke pihak yang berwajib,serta akan melalukan audensi dengan Badan Kehormatan DPRD Kabupaten/Kota, kepada pimpinan partai politik Ketua DPC, DPW dan Ketua Umum Partai Nasdem,”Kata A.Hudang. (Dr).

%d blogger menyukai ini: