Warga Diminta Tidak Eforia Dengan Rasio Kesembuhan Corona 100 Persen

Sanggau,BorneoneTv.Com _ Kepala Dinas Kesehatan Sanggau,Ginting meminta agar masyarakat Sanggau Tidak ner Eforia dengan Rasio kesembuhan pasien Covid19 di Kabupaten Sanggau, hingga 21 Juli 2020 tercatat mencapai seratus persen dari total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 25 orang.

Ginting juga mengatakan, mengatakan data kesembuhan ini bisa sewaktu-waktu berubah karena penularan Covid19 sukar di identifikasi kecuali dengan tes swab.

“Dinamika Covid19 ini cepat, hari ini bisa nol kasus, besok bisa kembali ada kasus. Sekarang zona kuning, tiba-tiba hijau, bisa juga menjadi oranye,” ujar Ginting ketika ditemui diruang kerjanya.

Dikatakan, persentase kesembuhan pasien yang mencapai seratus persen tidak bisa diasumsikan bahwa pandemi Covid19 sudah berakhir. Sebab, rasio kesembuhan ini hanya berdasar pada jumlah kasus yang ditemukan.

“Bisa saja ada kasus di mana-mana tapi belum terdeteksi. Karena itu, ketika sekarang nol kasus positif, jangan senang dulu, jangan euforia, karena bisa saja dari zona hijau bisa berubah tiba-tiba,” papar Ginting.

Ginting memprediksi pandemi Covid19 belum akan berakhir dalam waktu dekat. Sebab, pandemi bisa dikatakan berakhir bila, vaksin dan obat ditemukan serta terjadi herd immunity masyarakat sekitar 80 persen. “Hanya tiga skenario ini yang memungkinkan Covid19 berakhir. Dan itu tidak bisa sebentar, bisa berbulan-bulan,” imbuhnya.

Nol kasus positif hari ini, lanjut Ginting, harus menjadi pengingat bagi semua masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Sanggau juga terus melakukan rapid tes sebanyak-banyaknya sebagai deteksi awal Sars Cov-2. Bila dalam rapid tes ada yang reaktif, akan dilanjutkan tes swab.

“Jadi tidak boleh senang dulu karena nol kasus positif, karena bisa jadi belum ditemukan. Justru ini harus diwaspadai, karena bisa tiba-tiba melonjak karena belum terdeteksi. Apalagi sekarang, 90 persen yang terkonfirmasi itu tanpa gejala,” pungkasnya.(Hery JB)