Polda Kalbar Gelar Operasi Patuh Kapuas 2020

 

Pontianak,BorneoneTV.Com_  Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Kapuas 2020 di Lapangan Upacara Jananuraga Polda Kalbar, Kamis (23/7).

Operasi Patuh Kapuas 2020 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto.

Kapolda Kalbar Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto ,dalam sambutannya meminta kepada semua Personel yang telibat dalam operasi patuh Kapuas ini agar dapat menjalankannya dengan baik,  dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, karena Pemerintah sudah memberlaku adaptasi kebiasaan baru.

Dikatakannya, dalam Operasi Patuh Kapuas ini dalam operasinya tentu memiliki tugas yang komplek sehingga diupayakan untuk membangun konsolidasi dengan semua pemangku kepentingan.

“Fokus Operasi Patuh Kapuas ini adalah keselamatan bagi semua Pengguna jalan. Kasadaran para pengguna lalu lintas di Jalan Raya, baik pada pejalan kaki, pengedara maupun pengguna jalan lainnya,” ingatnya.

Kemudian, Kapolda Kalbat juga para personel personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Kapuas ini untuk tetap menjaga keselamatan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Kombes Pol Agus Dwi Hermawan menyampaikan, Operasi Patuh Kapuas ini akan berlangsung selama 14 hari dan mulai tanggal 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020.

“Personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Kapuas ini sebanyak 800 personel dengan 15 Satgas,” kata Kombes Pol Agus Dwi Hermawan.

Sasaran dalam Operasi Patuh Kapuas ini adalah kepatuhan dalam berlalu lintas dan Kepatuhan dalam adaptasi kebiasaan baru dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan, memakai masker dan tetap menjaga jarak.

“Berbeda dari operasi kendaraan dalam kondisi normal, Operasi Patuh kali ini juga menerapkan protokol kesehatan bagi para pengendara kendaraan,” pesannya.

Dikatakannya, penilangan tetap dilakukan kepada 8 Prioritas sasaran penindakan pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan, seperti melawan arus lalu lintas, menggunakan HP saat berkendaraan, berboncengan tiga, knalpot Racing dan lain-lain.

Ke 8 sasaran Prioritas Penindakan Pelanggaran (Dakgar) diantaranya, 1.Dakgar Helm SNI Sbg Mana Pasal  291 Ayat 1 Dan 2 Jo Pasal 106 Ayat 8 UULAJ : perkara. 2.Dakgar Batas Kecepatan Sbg Mana Pasal 287 Ayat 1 Dan 2 Jo Pasal 106 Ayat 4 Huruf G Atau Pasal 115 Huruf A UULAJ :  perkara. 3.Dakgar Mengemudi Dlm Pengaruh Alkohol (Dringking Driving) Sbg Mana Pasal 283 Jo Pasal 106 Ayat 1 UULAJ :  perkara, 4.Dakgar Safety Belt Sbg Mana Pasal 289 Jo Pasal 406 Ayat 6 UULAJ :  perkara, 5.Dakgar Gunakan Hp Saat Mengemudi Sbg Mana Pasal 283 Jo Pasal 106 Ayat 1 UULAJ :  perkara, 6.Dakgar Terobos Lampu Merah Sbg Mana Pasal 287 Ayat 2 Jo Pasal 106 Ayat 4 Huruf C UULAJ :  perkara, 7.Dakgar Lawan Arus Lantas Sbg Mana Pasal 287 Ayt 1 Jo Pasal 106 Ayat 4 Huruf A UULAJ :  perkara dan Dakgar pengemudi dibawah umur sbg mana pasal 281 Jo 77 ayat 1 :  perkara. (Lay).