Pemkab Sekadau audiensi dengan Tokoh masyarakat Belitang Hulu

wakil bupati audensi dengan masyarakat sekadau

Sekadau, BorneOneTV.com – Pemkab Sekadau Audiensi dengan sejumlah Tokoh Adat, Temenggung, Kepala Desa, serta sejumlah masyarakat dari Belitang Hulu, di ruang Rapat Wakil Bupati Sekadau, Komplek Pemda Sekadau. Selasa (28/7)

Dalam audiensi tersebut juru bicara Tokoh Adat Belitang Hulu Sepaya, memaparkan, setidaknya ada tiga permasalahan pokok yang menjadi dasar pihak masyarakat diantaranya adalah masalah HGU perusahaan yang sebagian masuk ke wilayah pemukiman warga bahkan hingga ke wilayah fasum seperti gereja dan sekolah.

“Tujuan kami datang kesini betul-betul mohon bantuan dari Bapak-bapak dan instansi terkait dalam menyikapi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat kita,” ungkap Sepaya, juru bicara Tokoh Adat Belitang Hulu.

Senada dengan juru bicara Tokoh Adat Belitang Hulu, Sepaya, sekiwa Temenggung Belitang Hilir, meminta pihak yang berwenang untuk meninjau ulang izin perusahaan yang seluruh wilayah pertanian dan perkebunan serta tanah masyarakat adat yang berada di wilayah perusahan perkebunan, khususnya di Kecamatan Belitang Hulu.

Memastikan titik koordinatnya agar terdapat kejelasan bagi pihak masyarakat terkait pengelolaan dan kepemilikan lahan yang tidak masuk dalam HGU perusahaan.

Hal ini mengingat ada beberapa wilayah eks transmigrasi yang masuk dalam HGU perusahaan, sehingga dirasa perlu dipertegas terkait titik koordinatnya serta kepemilikannya.

“intinya adalah kita meninjau kembali tentang investor yang masuk ke belitang hulu” terang sekiwa Temenggung Belitang Hilir sekaligus merangkum tujuan dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Mengungkapkan bahwa permasalahan yang di sampaikan oleh Tokoh Adat, Temenggung, Kepala Desa, serta sejumlah masyarakat dari Belitang Hulu tersebut sudah lama dan berlarut larut.

“dengan adanya audiensi ini merupakan salah satu tindak lanjut dari upaya penyelesaian masalah tersebut”. Ungkapnya.  Kapolres Sekadau, AKBP, Marupa Sagala, meminta supaya permasalahan ini di diskusi dengan baik agar diperoleh solusi yang terbaik.

hadir sekaligus memimpin jalannya audiensi tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH, M.Si., yang di dampingi Kapolres, Kepala BPN, Asisten I, Asisten II, Kepala DKP3 Kab Sekadau, Kabag Pem dan Kabag Hukum
Dari pihak masyarakat Belitang Hulu sendiri, yang dalam hal ini di wakili oleh Sepaya sebagai juru bicara. (Krisantus)