MAKIN Kota Pontianak Akan Gelar Pencatatan Akta Perkawinan Bagi Umat Khonghucu Secara Gratis

 

Pontianak ,BorneoneTV.Com – Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-75, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak dan Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak akan melaksanakan Program Pencatatan Akta Perkawinan secara Kolektif bagi Umat Khonghucu di Kota Pontianak.

Lebih dari 30 an Pasangan menikah Secara adat Orang Tionghoa dalam waktu dekat ini akan didaftarkan oleh Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Pontianak secara Agama Khonghucu untuk disahkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pontianak.

“Kami akan segera mendaftarkan pasangan Nikah ini kepada Dinas Dukcapil Kota Pontianak untuk disahkan dan dicatatkan sebagai pasaangan Nikah Agama Khonghucu,” kata Ketua MAKIN Kota Pontianak, Tjhin Djie Sen, Rabu (5/8), saat verifikasi data pasangan Pernikahan Secara Agama Khonghucu di Sekretariat Makin Kota Pontianak.

Dikatakannya, pembuatan atau pendaftaran pasangan nikah secara agama Khonghucu di Kota Pontianak ini atas kerjasama antara Makin Kota Pontianak bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak dan didukung oleh Kementerian Agama Kota Pontianak melalui penyelenggara Agama Khonghucu.

Dalam proses pendaftaran, MAKIN Kota Pontianak telah mempersiapkan Persyaratan Pencatatan Akta Perkawinan bagi pasangan yang akan mendaftarkan di Dinas Dukcapil. Persyaratannya, pasangan harus mengisi Pelaporan Perkawinan, dan Formnya disiapkan oleh Makin Kota Pontianak.

Kemudian, mengisi Surat Pernyataan Belum Mencatatkan Perkawinannnya, Formnya juga disiapkan oleh MAKIN Kota Pontianak. Surat Nikah Agama Khonghucu dari MAKIN Kota Pontianak.

Lalu, pasangan juga harus menyertakan fotokopy Akta Kelahiran Suami dan Istri, Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan Istri yang sudah beragama Khonghucu.

Fotocopy Akta Kelahiran Anak, Apabila sudah memiliki Anak. Fotocopy KTP Saksi dua orang. Pas Photo Suami-Istri posisi gandeng ukuran 6×4=6 lembar.

“Tanpa dipunggut biaya untuk pendaftaran Pernikahan di Dinas Dukcapil Kota Pontianak,” jelasnya.

Dijelaskannya, proses pendaftaran Pembuatan Akta Perkawinan secara Agama Khonghucu akan dilaksanakan, Rabu, 19 Agustus 2020 Pukul 09.00 Wib di Kantor Sekretariat MATAKIN Kalbar Jalan Pahlawan Blok D2-3 Pontianak.

Ketua Panitia Penyelenggaraan, Jap Adi Sucipto menyampikan, MAKIN Kota Pontianak siap membantu dan memfasilitasi warga yang hendak membuat/Mendaftarkan Akta perkawinan secara Agama Khonghucu.

“Ini tahap pertama program kita dalam membantu masyarakat mendaftarkan Pencatatan Perkawinan di Dinas Dukcapil Kota Pontianak,” kata Jap Adi Sucipto.

Dikatakannya, setelah program atau Tahap Pertama selesai dilaksanakan, MAKIN Kota Pontianak akan melaksanakan Program Pencatatan Akta Perkawinan secara Kolektif bagi Umat Khonghucu di Kota Pontianak lagi. “Kita siap membantu, kita siap membantu, tapi jadwalnya belum kita tentukan,” jelasnya. (Lay).