Pangdam XII/Tpr Salurkan Tali Asih Kepada Korban Bencana Angin Puting Beliung

Pontianak,BorneOneTV.com-Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan Tali Asih dari Kasad kepada korban Bencana Angin Puting Beliung di Jalan Khatulistiwa, Gang Flora, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Sabtu (8/8).

Menurut Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad Bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ini bantuan berupa sembako dari Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa sebanyak 2.500 paket yang diperuntukan bagi masyarakat korban bencana alam puting beliung beberapa waktu yang lalu,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat menyerahkan secara simbolis kepada Warga yang menjadi Korban bencana Angin Puting Beliung.

Dikatakannya, kegiatan yang sudah  dilaksanakan mulai dari awal hingga saat ini, Kodam XII/Tpr bekerja sama dengan Pemkot Pontianak maupun Provinsi Kalbar melaksanakan tugas kemanusiaan dimana sampai dengan saat sekarang ini kita sudah bisa membantu rumah masyarakat Pontianak sebanyak 1202 unit rumah yang sudah dibetulkan kembali.

“Alhamdulilah, masyarakat sudah bisa tinggal kembali dirumah masing-masing,” ucapnya.

Dengan bantuan sembako ini, tentunya pada saat kondisi Covid, masyarakat yang terkena dampak ekonomi juga berdampak sehingga dengan adanya bantuan sembako ini diharapkan bisa membantu meringankan beban dari masyarakat yang tertimpa musibah.

“Jadi untuk kegiatan ini selalu bekerja sama dengan Pemkot kemudian kami dari TNI memberikan bantuan tenaga di beberapa wilayah seperti di Bengkayang. Jadi pada prinsipnya, kita siap membantu pemerintah daerah apa yang dibutuhkan masyarakat kemudian pemerintah punya program,” ujarnya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Pontianak Utara H Burhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodam XII/Tpr, Pemprov Kalbar, dan Pemkot Pontianak serta semua Tim yang terlibat.

“Kami atas nama keluarga besar warga Gg Flora menyampaikan ribuan terima kasih kepada Kodam XII/Tpr, Anggota Koramil 1207-01,Anggota Polsekta Pontianak Utara, yang setiap harinya sejak terjadinya bencana Angin Puting Beliung selalu berada di Lokasi kejadian,” ucap H Burhan.

Sampai saat ini, masih kata salah seorang pensiunan, TNI-Polri selalu hadir di lokasi bencana Angin Puting Beliung untuk membantu korban bencana angin puting beliung.

Dikatakannya, musibah angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kelurahan Batu Layang telah memimpah 392 unit rumah dan 114 unit rumah yang alami rusak ringan, 40 lebih unit rumah yang rusak berat.

“Alhamdulillah, sampai saat ini sebagian besar sudah mendapatkan bantuan.

Dirinya juga meminta kepada korban bencana angin puting beliung untuk tetap bersabar dan menanti bantuan, karena bukan di Pontianak Utara yang mengalami bencana ini, namun di Pontianak Barat hal serupa juga terjadi dan korbannya lebih banyak.

“Bagi yang belum, saya harap kepada warga yang belum mendapatkan bantuan ini untuk bersabar sambil menunggu bantuan tersebut,” harapnya.

Disisi lain, H Burhan juga meminta kepada Wali Kota Pontianak agar segera memperbaiki sekolah yang menjadi dampak angin puting beliung.

“Kami minta Pemkot Pontianak segera menangani Sekolah yang rusak akibat Angin Puting beliung,” pintanya. (Lay).