Gubernur Kalbar Desa Mandiri, Solusi Pencegahan Karhutla di Kalbar

Pontianak,BorneOneTV.com- Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengatakan,  Desa Mandiri menjadi Solusi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) karena akan tetap berjalan sesuai indikator-indikator yang sudah ditetapkan.

“Kan ada pendamping desa yang menilainya dan indikator-indikator bisa dinilai dari fisiknya. Saya rasa, Desa Mandiri akan jadi solusi pencegahan Karhutla di Kalbar,” kata H Sutarmidji, Kamis (13/8), saat menjadi Narasumber Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi di Data Analytics Room, Kantor Gubernur Kalbar.

Dikatakannya, di desa, kekuatan lingkungannya lebih bagus dibanding dengan ekonominya harus dijaga dan jangan sampai hutan-hutannya dirusak.

“Kita akan meningkatkan lingkungan yang sudah baik harus kita jaga dan memanfaatkannya untuk dapatkan nilai ekonomisnya untuk masyarakat,” jelasnya.

Dalam upaya mengantisipasi ancaman Karhutla di tengah pandemi, mantan Wali Kota Pontianak menjelaskan, tahun lalu ada 157 perusahaan yang titik hospotnya ada koordinatnya telah diberikan sanksi oleh Pemprov Kalbar.

“Sudah ada 157 Perusahaan yang siap bantu pemerintah dalam penanggulangan Karhutla di Kalbar. Saya yakin, di tempatnya tidak akan terjadi Karhutla lagi karena mereka sudah siap. Kalau sekali lagi terjadi Karhutla di lokasi mereka akan dikenai sanksi yang lebih berat lagi,” ingatnya. (Lay).