Panitia MTQ se-Kalbar di Kabupaten Sekadau Rapat Bahas Skenario Pelaksanaan MTQ Ke 28

Sekadau, BorneOneTV.com – Panitia MTQ XXVIII tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau tahun 2020 adakan rapat panitia kerja, di ruang rapat lantai II kantor Bupati Sekadau, Jumat (14/8).

Saat di wawancarai, Ketua umum panitia MTQ di Kabupaten Sekadau yang juga Bupati Sekadau Rupinus, mengatakan apapun keputusan yang di ambil oleh Tim LPTQ Provinsi Kalbar, panitia Kabupaten siap menyukseskan MTQ se-Kalbar yang akan di laksanakan di Kabupaten Sekadau.

“Kita tahu bahwa MTQ ini rencananya bulan April tapi karena Covid-19 ditunda beberapa kali sampai September.
Kita siap, sesuai kesepakatan dengan tim LPTQ,” kata Bupati Rupinus.

Adapun Terkait dengan Rapid Test bagi setiap peserta, Bupati Sekadau berharap dari 14 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi masing-masing dapat memfasilitasi kontingennya sebelum keberangkatan ke Kabupaten Sekadau.

“Kita sangat berharap dilaksanakan rapid test di daerahnya masing-masing kontingen yang akan datang ke Sekadau. Supaya dipastikan mereka datang ke sini sudah non reaktif, sehingga aman,” Kata Rupinus.

Lebih lanjut, Rupinus Mengungkapkan, jika nantinya rapid test baru dilaksanakan di Kabupaten Sekadau maka bisa saja menimbulkan polemik.

” Takutnya pas dirapid test ternyata reaktif, mereka akan kecewa, pasti akan dipulangkan, dan mereka akan kehilangan peserta. Misalnya mereka yang akan ikut lomba tau-tau reaktif kan tidak jadi bertanding, jadi lebih baik dipastikan sebelum berangkat,” terangnya.

Sedangkan Untuk persiapan tempat pelaksanaan lomba, nantinya juga akan diperbaiki dan diinventarisir sesuai kebutuhan.

Senada dengan Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sekadau Aloysius juga berharap pelaksanana MTQ se-Kalbar tahun ,2020 tetap dilaksanakan di Kabupaten Sekadau dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tetapi kita tidak bisa memutuskan sendiri, kita tetap menunggu hasil rapat bersama dengan Tim LPTQ, dan kemarin sudah ada rencana akan dilaksanakan secara virtual, Faktual dan langsung di Kabupaten, kita tetap berusaha karena gaungnya MTQ ini sudah sampai ke desa-desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksanaan panitia MTQ, Pj Sekda Sekadau Nurhadi mengatakan ada 3 skenario, yang kemungkinan digunakan dalam pelaksanaan MTQ kali ini.

Yang mana akan ada cabang yang dilaksanakan di Kabupaten Sekadau, serta ada cabang yang dilaksanakan secara virtual dan faktual di Ibukota Provinsi Kalbar.

Untuk yang faktual dan virtual di Provinsi Kalbar akan mulai dilaksanakan tanggal 7 September 2020.

Sedangkan untuk yang di Kabupaten Sekadau, akan dilaksanakan mulai tanggal 17-20 September 2020.

“Dalam pandemi covid-19 ini sejumlah kegiatan juga ditiadakan untuk menghindari kerumunan massa. Untuk peserta dan tamu undangan juga dikurangi 50% dari sebelumnya,” jelas Nurhadi.

Adapun cabang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sekadau adalah cabang tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa.

Untuk cabang yang dilombakan secara virtual, diantaranya Tilawah golongan tartil anak-anak, cacat netra. Qiraat mujawad dewasa, Qiraat Sab’ah murattal remaja, dewasa.

Cabang tahtis golongan 1,5,10,20,30. Hapalan 100 hadits dan hapalan 500 hadits. Syarhil Qur’an beregu remaja putri, Syarhil Qur’an beregu remaja putra.

Untuk cabang yang dilombakan secara Faktual di Provinsi Kalbar diantaranya Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an putra dan putri.(krisantus)