Buka Rakor Bunda PAUD, Ny. Hj. Lismaryani Siap Optimalkan Layanan Program PAUD Terintegrasi

Pontianak, BorneOneTV.com-Bunda PAUD Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, bertekad mengoptimalkan layanan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terintegrasi dengan layanan posyandu secara holistik. Dia meminta agar Bunda PAUD Kabupaten/Kota melakukan hal sama untuk mengembangkan dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini.

Hal tersebut diungkapkan Ny. Hj. Lismaryani saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat di Hotel Ibis Pontianak, Rabu (25/8/2020). Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Bunda PAUD Dharma Pertiwi, dan Organisasi Mitra Provinsi serta Kabupaten/Kota.

“Adapun program saya dalam peningkatan pendidikan anak usia dini yang telah terlaksana namun belum menyeluruh, meliputi optimalisasi layanan program PAUD, terintegrasinya layanan kelompok usia 0-3 tahun dengan layanan posyandu,” paparnya.

Dia menambahkan, bentuk layanan di posyandu berintegrasi secara holistik integratif dengan aspek keterjangkauan dalam melaksanakan program layanan PAUD dari biaya, tempat, dan lokasi. Sebagaimana diketahui, Bunda PAUD merupakan pergerakan utama dalam pembinaan layanan bagi anak usia dini 0-6 tahun di masing-masing wilayah guna mendukung terwujudnya layanan PAUD yang berkualitas.

“Saya juga meminta agar bunda PAUD Kabupaten/Kota melakukan hal yang sama, sehingga keberadaan bunda PAUD memiliki peran penting dalam pengembangan dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas,” imbuhnya.

Selain itu, Ny. Hj. Lismaryani meminta Bunda PAUD untuk mengevaluasi berbagai hambatan dan tantangan. Dia mencontohkan masih banyaknya anak usia dini yang belum memperoleh pendidikan secara optimal sesuai usia dan karakteristik.

“Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Kita tidak mungkin mampu bersaing dalam menghadapi masa mendatang dengan generasi penerus yang tidak produktif dan tidak berkualitas,” jelasnya.

Hal terpenting yang perlu menjadi perhatian adalah terciptanya kualitas pendidikan usia dini yang baik melalui kerja sama antara pemerintah, pendidikan, orang tua, dan masyarakat. Ny. Hj. Lismaryani berharap kegiatan Rakor hari ini dapat mendorong peningkatan pendidikan anak usia dini di Kalbar pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Melalui kegiatan ini, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada semua pihak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Bunda PAUD, dan segenap pendidik PAUD yang ada di Kalimantan Barat,” pungkasnya.(Adpim Setda Prov Kalbat/Hadin)