Kunjungi Posko Damkar Swasta, Dandim 1207/BS Ingatkan Jaga Kekompakan

Pontianak,BorneOneTV.com-Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) /1207/Berdiri Sendiri, Kolonel Jajang Kurniawan mengujungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta di Kota Pontianak dan di Pontianak Utara, Minggu (30/8).

Kunjungan diawali di Posko Damkar Budi Pekerti dan ssat tiba di Posko Budi Pekerti, Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan diterima langsung oleh Ketua Damkar Budi Pekerti, Ng Bu Khiang bersama Pengurus dan Anggota, serta didampingi Yo Nguan Cua, dan Hendry Pangestu Lim.

Selesai di Posko Damkar Budi Pekerti, Rombongan Dandim 1207/BS didampingi Yo Nguan Cua juga mengujungi Posko Damkar Merdeka dan diterima oleh Pengurus Damkar Merdeka Khou Pue Hian, Lim Kok Yak, dan pengurus Damkar Merdeka.

Usai di Posko Damkar Merdeka, rombongan Dandim 1207/BS dan ditemani Yo Nguan Cua menyambangi Badan Pemadam Api Siantan (BPAS).

Di markas Pemadam Kebakaran Swasta tertua di Kota Pontianak ini diterima langsung oleh Ketua Umum BPAS, Chin Bu Jung bersama Wakil Ketua Hadrianus Aldho, serta pengurus dan anggota lainnya.

Disela-sela kunjungannya ini, Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan juga menyempatkan waktu untuk mengunjungi kediaman Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Kalbar, Ateng Tanjaya.

Menurut Ketua Damkar Budi Pekerti, Ng Bu Khiang, Damkar Budi Pekerti pertama kali dibentuk Tahun 1994 atas kepedulian para Tokoh Masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Dandim 1207/BS yang berkenan mengujungi Damkar Budi Pekerti. Ini pertama kali posko kami dikunjungi Dandim,” ucap Ng Bu Khiang.

Pengurus Damkar Merdeka, Khou Pue Hian juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1207/BS yang telah menyempatkan waktu untuk mengujungi Posko Damkar Merdeka.

Kemudian, Ketua Umum BPAS, Tjhin Bu Jung juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Dandim 1207/BS yang berkenan mengunjungi Posko BPAS.

BPAS ini merupakan sebuah wadah sosial di bidang pemadam kebakaran tertua di Kota Pontianak dan didirikan Tahun 1949.

Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan terkesan dengan Damkar Swasta di Kota Pontianak, walau tanpa di gaji, namun kiprah dan peran Damkar Swasta dalam penanggulangannya bahaya kebakaran sangat membantu masyarakat.

“Saya sudah pernah bertugas di Papua, Sulawesi maupun di Sumatera tapi disana tidak ada Damkar Swasta seperti di Kota Pontianak dan Kubu Raya,” puji Kolonel Inf Jajang Kurniawan.

Kolonel Inf Jajang Kurniawan juga salut dengan persatuan dan kebersamaan Damkar Swasta, walaupun berbeda-beda warna seragam, tapi mereka bisa bersatu.

“Saya salut, damkar swasta bisa jadi pemersatu. Itulah hebatnya Damkar swasta, tidak digaji, dan selalu hadirkan kekompokan,” ceritanya.

Kemudian, Dandim 1207/BS juga meminta Damkar Swata untuk membangun Koordinasi dan sinergi dengan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas untuk membuka akses saat berada di lokasi kebakaran untuk mempermudah kerja para petugas.

“Koordinasi dilapangan saat kebakaran itu perlu dan diwajibkan bagi Damkar swasta,” ingatnya. (Lay).