MABT Kalbar Akan Gelar Mubeslub Pemilihan Ketua Umum DPP MABT Kalbar

Pontianak, BorneOneTV_Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kalbar mulai membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum yang baru Periode 2020-2025 pada 1 September 2020 ini.

Pemilihan Ketua Umum ini merupakan rangkaian utama untuk acara Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) MABT Kalbar Ke 1 yang dilakukan setelah terjadi kekosongan kepemimpinan setelah kepengurusan 2014-2019 sudah berakhir.

“Mubeslub Kalbar ini dilakukan karena terjadi kekosongan kepemimpinan setelah kepengurusan 2014-2019 sudah berakhir. Jadi, Bukan Mubes lagi tapi Mubeslub karena sudah melewati waktu pelaksanaan yang seharusnya,” kata Ketua Panitia Mubeslub MABT Kalbar, Steven Greatness, dan didampingi Wakil Ketua Panitia, Maria Tan dan Salah Satu Pendiri MABT Kalbar Suryanto saat Press Confress di
Sekretariat Panitia Mubeslub MABT Kalbar, Senin (31/8).

Dikatakannya, dalam Mubeslub MABT Kalbar ini, Panitia juga mempersiapkan berbagai persyaratan yang harus disiapkan oleh Bakal Calon Ketua Umum diantaranya, Surat Dukungan dari 2 Dewan Pengurus Daerah (DPD), serta bakal calon Ketua diharapkan bisa menyediakan kantor sekretariat jika terpilih nantinya.

“Point penting dari Bakal Calon adalah harus mendapatkan dukungan 2 DPD melalui SK, dan calon Ketua umum bisa menyediakan kantor sekretariat,” jelasnya.

Pendaftaran Bakal Calon sudah dimulai pada 1 September hingga 5 September 2020, sedangkan pemilihannya akan dilaksanakan pada 12 September 2020 mendatang di Pontianak.

“Pemilihan Ketua Umum akan dilaksanakan pada 12 September 2020 di Kota Pontianak,” ingatnya.

Sementara, salah seorang Pendiri MABT Kalbar Suryanto juga menyampaikan, bahwa sebelum pelaksanaan Mubeslub MABT Kalbar ini, saat ini, sedang digadang-gadang beberapa Bakal Calon Ketua MABT Kalbar yang dikabarkan akan maju dan mengambil Formulir Pendaftaran untuk maju dalam Pwmilihan Ketua Umum MABT Kalbar.

“Empat nama yang digadang-gadang bakal ikut meramaikan Pemilihan Ketua Umum MABT Kalbar itu antaranya, Yo Nguan Cua, Erick S Martio, Paulus Andy Mursalin dan Sutadi,” ucap Suryanto saat Press Confress di Sekretariat Panitia Mubeslub MABT Kalbar.

Saat ini, Yo Nguan Cua merupakan Ketua Umum Yayasan Makmur. Erick S Martio merupakan Mantan Ketua Umum MABT Kalbar. Paulus Andy Mursalin Politisi PDIP Kalbar yang saat ini sedang menjadi Anggota DPRD Kalbar, dan Sutadi saat ini sedang diamanahkan sebagai Ketua Carakteker MABT Kalbar dan juga seorang Advokat di Kota Pontianak. (Lay).