MAKIN Kubu Raya Akan Gelar Pencatatan Akta Perkawinan Bagi Umat Khonghucu Secara Gratis

Kubu Raya,BorneOneTV.com_Dalam Rangka merayakan HUT RI Ke-75, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya akan melaksanakan Program Pencatatan Akta Perkawinan secara Kolektif/massal bagi Umat Khonghucu di Kabupaten Kubu Raya.

Saat ini, MAKIN Kabupaten Kubu Raya telah dan sudah membuka pendaftaran untuk Pencatatan Akta Perkawinan Bagi Umat Khonghucu Secara Gratis di Sekretariat MAKIN Kubu Raya, Jalan Pahlawan Blok D 2-3, Kota Pontianak.

“Kantor buka dari hari Senin sampai Sabtu, jam kerja Pukul 10.00 sampai pukul 15.00,” kata Ketua MAKIN Kubu Raya, Rudy Leonard, Senin (31/8), saat ditemui di Sekretariat MAKIN Kubu Raya.

Bagi Pasangan yang telah melangsungkan pernikahan Secara adat Orang Tionghoa dapat mendaftarkan pasangannya ke MAKIN Kubu Raya secara Agama Khonghucu untuk disahkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kubu Raya.

“Kami akan segera mendaftarkan pasangan Nikah ini kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya untuk disahkan dan dicatatkan sebagai pasangan Perkawinan Agama Khonghucu,” jelasnya.

Kemudian, Rohaniawan Agama Khonghucu juga mengajak masyarakat/Umat Khonghucu Kabupaten Kubu Raya yang akan mencatatkan Akta perkawinan ini dapat segera mendaftarkan diri dan mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) jalan Pahlawan Blok D2-3 lantai 2 Pontianak.

Bagi pasangan perkawinan yang akan mengambil formulir untuk pendaftaran harus dapat melengkapi Persyaratan diantaranya, Foto copy KTP suami istri masing-masing 2 lembar. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy 2 lembar. Foto copy Akta lahir suami istri masing-masing 2 lembar. Foto copy akta lahir anak (bagi yang sudah punya anak) masing-masing 2 lembar. Foto gandeng/sanding warna ukuran 6×4 = 6 lembar dan Meterai 6.000 = 6 lembar.

Apabila ada pasangan perkawinan yang kurang mengerti dapat menghubungi panitia penyelenggara diantaranya Rudy Leonard 089525431089, Hendro Wijaya 082154598688, Tjhin Djie Sen 082148281555 dan Adi Sucipto 081354836633.

“Pendaftaran dimulai dari Tanggal 1 September hingga 15 September 2020,” ujarnya. (Lay).