Hari Terakhir, Yayasan Dharma Pala Sembahyang Kubur dan Sembahyang Yi Lan Shin Hui

Kubu Raya, BorneOneTV_Memasuki hari terakhir Ritual sembahyang kubur musim qiu ji, Yayasan Dharma Pala melaksanakan ritual sembahyang kubur di Taman Pemakaman di Dusun Salibu, Desa Kapur, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (2/9).

Dalam setiap tahunnya, Yayasan Dharma Pala pada ritual sembahyang kubur musim qiu ji selalu melaksakan ritual sembahyang kubur pada sore hari.

Tradisi sembahyang kubur ini dilakukan sejak dulu kala hingga turun menurun untuk menghormati leluhur yang sudah meninggal.

Sembahyang kubur ini dilakukan untuk menjaga tradisi agar tidak tergerus dengan zaman.

Kemudian, Pengurus Yayasan Dharma Pala juga menggelar Sembahyang ritual Yi Lan Shin Hui atau biasa dikenal dengan sebutan Shi Ku atau rebut sesajian di depan pusara Yayasan Dharma Pala.

Tujuan dilaksanakannya sembahyang Yi Lan Shin Hui ini untuk menghormati arwah leluhur.

“Kita berikan sesajian atau makanan ini untuk para arwah yang gentayangan agar tidak menggangu manusia di muka bumi,” kata Liau Lip Tie.

Dikatakannya,setiap sesajian berisikan aneka jenis makanan, seperti nasi, sayur mayur, lauk pauk hingga beras dan buah-buahan.

“Jenis sesajiannya sama dengan aneka makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Inti dari ritual sembahyang Yi Lan Shin Hui ini selain untuk menghormati leluhur, keselamatan manusia hingga melestarikan ritual adat turun temurun masyarakat Konghucu,” jelasnya. (Lay).