Sekda Kalbar Buka Sosialisasi Pergub Kalbar Nomor 111 Tahun 2020

Pontianak, BorneOneTV_Sekda Kalbar A.L Leysandri membuka Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Kalbar Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi secara Virtual di Ruang Audiovisual Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (2/9/).

“Mudah-mudahan dengan adanya Pergub ini menjadi pedoman supaya kita lebih bersinergitas membangun Kalbar dalam rangka program mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalbar,” harap AL Leysandri.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa nama Rupabumi atau dikenal dengan Toponimi adalah istilah yang diberikan untuk nama tempat/objek unsur Rupabumi.

Nama Rupabumi dikenal pula sebagai penamaan setiap objek geografi di permukaan Bumi sesuai letak dan sejarah masing-masing kemudian memiliki manfaat sebagai identitas wilayah, bukti eksistensi sebuah Pemerintahan, pelestarian budaya dan sejarah, serta sangat diperlukan dalam mendukung pengelolaan dan tertib administrasi Pemerintah Daerah.

Dikatakannya, Peraturan Gubernur ini merupakan suatu jawaban terkait dengan apa yang di inginkan oleh Kepala Daerah dalam Visi Misi Gubernur dan wakil Gubernur untuk menjalankan Pemerintahan di Provinsi Kalbar.

Kemudian Sekda Provinsi Kalbar A.L Leysandri berharap kepada OPD di lingkungan Pemprov Kalbar, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kalbar dan semua elemen masyarakat dapat mendukung terwujudnya tertib administrasi Pemerintahan Daerah melalui penyelenggaraan nama Rupabumi secara tertib, terpadu, berhasil guna dan berdaya guna sehingga terjamin keakuratan, kemutakhiran dan kepastian hukum.

Adapun Tujuan dari Peraturan Gubernur tentang Penyelenggaraan nama Rupabumi yaitu mewujudkan tertib administrasi nama Rupabumi, melestarikan tata nilai budaya, memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi nama Rupabumi, mendukung pelaksanaan pembakuan nama Rupabumi dan meningkatkan kualitas perumusan kebijakan pembangunan Daerah.

UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah belum mengatur secara komprehensif dan rinci pelaksanaan penyelenggaraan nama Rupabumi, dengan adanya Pergub ini dapat menjadi pedoman Penyelenggaraan nama Rupabumi di Provinsi Kalbar. (Lay).