BNN Kubu Raya Musnakan 408,4 Gram BB Shabu Pengungkapan Jaringan Narkotika Antar Provinsi

Kubu Raya, BorneOneTV_Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kabupaten Kubu Raya melakukan pemusnahan terhadap barang bukti berupa 408,4 Gram narkoba jenis Shabu jaringan antar Provinsi yang berhasil diamankan dari kedua tersangka bernama Agus (35) dan Agung (40) warga Kotawaringin Timur, Kalteng pada bulan Agustus di jalan Trans Kalimantan, Kabupaten Kubu Raya.

Pemusnahan yang di lakukan di Kantor BNNK Kubu Raya, Jumat (4/09/2020) tersebut juga disaksikan Sekda Kubu Raya, Kepala BNN Provinsi Kalbar, Satresnarkoba Polres Kubu Raya, Dinas Kesehatan Kubu Raya, Kejari Mempawah, Balai BPOM, kuasa hukum tersangka bersama kedua tersangka.

Kepala BNN Kubu Raya, Rudolf Manimbun mengatakan bahwa berdasarkan kronologis kejadian bahwa pada Rabu (19/08/2020) sekitar pukul 14.00 Wiba BNNK Kubu Raya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada transaksi narkotika di jalan Trans Kalimantan, Kabupaten Kubu Raya, mendapat informasi tersebut petugas gabungan dari BNNK dan BNNP Kalbar langsung melakukan penyelidikan di jalur masuk yaitu di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Dan sekitar pukul 22.00 Wiba petugas BNN Kubu Raya dan tim kembali mendapat informasi bahwa seseorang yang dicurigai bernama Agus bersama temannya Agung tengah dalam perjalanan menuju ke Sungai Ambawang. Selanjutnya pada Kamis (20/08/2020) sekitar pukul 13.00 Wiba petugas kembali mendapatkan informasi bahwa kedua pelaku sudah tiba di Sungai Ambawang dan akan melakukan transaksi di sekitaran bundaran tugu Alianyang, Sungai Ambawang, namun ketika tim melakukan penyisiran tim tidak mendapati keduanya. Keesokan haringa, Jumat (21/08/2020) sekitar pukul 04.30 Wiba tim melihat keduanya melintas melewati bundaran tugu Alianyang dengan mengendarai sebuah mobil Toyota Inova berwarna hitam bernopol KH 1082 ND, yang diketahui merupakan plat kendaraan dari daerah Kalteng. Petugas langsung melakukan pengejaran terhadap keduanya, kurang lebih 30 menit petugas berhasil menghentikan mobil bernopol KH 1082 ND di desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang.

Lebih lanjut Rudolf menjelaskan bahwa pada saat dilakukan pengeledahan dengan disaksikan warga setempat terhadap keduanya, petugas menemukan satu buah kantong warna hitam yang sudah robek, yang mana di dalam kantong tersebut terdapat empat bungkus plastik klip yang Masing-masing terdapat butiran-butiran kristal warna putih bening yang diduga narkotika jenis shabu. Selanjutnya tersangka Agus (35) dan Agung (40) yang merupakan warga Desa Baamang Hilir, Kabupaten Waringin Timur, Kalteng langsung dibawa ke Kantor BNNK Kubu Raya untuk proses penyelidikan lanjut.

Berdasarkan hasil introgasi terhadap keduanya, Rudolf mengatakan bahwa, keduanya mengaku disuruh Adi (DPO) yang tinggal di Sampit Kalteng untuk membeli shabu kepada Kodok (DPO) sebanyak 4 ons dengan harga 65.000.000 rupiah per onsnya.

Sementara itu, untuk barang bukti yang berhasil diamankan yaitu, 4 bungkus ukuran sedang narkotika jenis Shabu seberat 408.4 Gram, 3 unit HP Merk Vivo, Samsung dan Oppo dalam keadaan rusak, 1 unit mobil Toyota Innova Reborn bernopol KH 1082 ND beserta STNK atas nama Muliana, dan uang sebesar 23.000.000 rupiah.

Sementara itu Agus, salah seorang tersangka mengaku bahwa sudah tiga kali transaksi narkoba ini di lakukannya, dan ketiga-tiganya di lakukan di bundaran Alianyang, Kecamatan Sungai Ambawang yang selanjutnya dibawa ke Kalteng. Agus mengaku bahwa dirinya mendapatkan upah 20 juta rupiah untuk satu onsnya.

Dengan terungkapnya kasus jaringan narkoba antar Provinsi yang di lakukan BNN Kubu Raya ini, Sekda Kubu Raya, Yusran Annizam sangat mengapresiasi kinerja BNN Kubu Raya dan tim atas pengungkapan kasus narkoba ini.

“Kami sangat mengapresiasi sekali dengan kerja keras yang sudah di lakukan oleh BNN Kubu Raya dan timnya dalam pengungkapan kasus narkoba di wilayah Kabupaten Kubu Raya ini dan berharap, peredaran barang haram ini dapat dituntaskan seakar-akarnya,” pungkas Uusran Annizam. (Martono)