Satgas Aman Nusa II Polsekta Pontianak Utara Himbau Pakai Masker

Pontianak, BorneOneTV_Satgas Aman Nusa II Polisi Sektor Kota (Polsekta) Pontianak Utara yang dipimpin Kapolsek Pontianak Utara AKP Hery Purnomo, SE. M.Ap selaku Perwira Pengawasan dan Pengendalian (Pawasdal) Wilayah Pontianak Utara dengan dikuat 10 personil melaksanakan himbauan dan Sosialisasi dalam rangka pengamanan dan antisipasi dampak wabah virus Corona (Covid-19) di Wilkum Polresta Pontianak Kota, Minggu (6/9).

“Kegiatan ini guna mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 (corona),” harap AKP Hery Purnomo, SE. M.Ap.

Lokasi kegiatan himbauan dalam rangka pengamanan dan antisipasi dampak wabah virus Corona (Covid-19) di Wilkum Polresta Pontianak Kota yaitu diantaranya di Swalayan Kaisar Siantan Jalan Gusti Situt Mahmud Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara, dan di Ramayana Mall Jalan Tanjungpura Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan.

Satgas Aman Nusa II Polsekta Pontianak Utara Himbaun dan sosialisasi Pergub Kalbar No. 110 Tahun 2020 dan Perwako No. 58 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 diwilayah Kota Pontianak.

“Dihimbau kepada masyarakat dan para pengunjung Swalayan/Mall agar selalu menjaga kebersihan, menjaga jarak dan menggunakan masker apabila melakukan aktifitas diluar rumah,” imbuhnya.

Kemudian Satgas Aman Nusa II Polsekta Pontianak Utara juga meminta agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat serta sering mencuci tangan dengan sabun.

Kepada para pengunjung dan pegawai di swalayan / Mall agar memperhatikan protokol kesehatan seperti mewajibkan para pengunjung swalayan / mall untuk menggunakan masker, menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan selalu menjaga jarak.

“Masa transisi adaptasi kebiasaan baru masyarakat tetap waspada dan berhati-hati akan potensi penularan / penyebaran wabah covid-19,” ingatnya.

Himbauan dan sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolresta Pontianak Kota Nomor : Sprint / 1004 / VIII / Ops.2.1 / 2020, tanggal 31 Agustus 2020 tentang Kegiatan himbauan dalam rangka pengamanan dan antisipasi dampak wabah virus Corona (Covid-19) di Wilkum Polresta Pontianak Kota.

Kegiatan pengamanan dan himbauan yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk upaya Kepolisian dalam mendisiplinkan masyarakat dalam *Adaptasi Kebiasaan Baru* menghadapi penyebaran wabah virus Covid-19.

“Saat sosialisasi ini, kita masih menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktifitas diluar rumah. Ini menandakan masih kurangnya rasa kepatuhan warga masyarakat dalam mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 (corona),” ujarnya.

Mengingat saat ini memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, terjadi peningkatan masyarakat yang melakukan aktifitas diluar rumah sehingga kurang kesadaran dalam menanggapi situasi darurat pandemi Covid-19. (Lay).