Ketua TP PKK Kota Pontianak : Jangan Kendor Gunakan Masker

Pontianak, BorneOneTV_Ketua tim penggerak PKK Kota Pontianak Ny Yenita Arbiastuty Edi Kamtono meminta kepada masyarakat untuk tidak kendor menggunakan masker.

“Jangan kendor gunakan masker,” pesan Ny Yenita Arbiastuty Edi Kamtono saat Sosialisasi Protokoler Kesehatan di Aula Kantor Kecamatan Pontianak Utara, Selasa (8/9).

Kemudian, Ketua TP PKK Kota Pontianak berharap agat dalam kegiatan ini, kita dapat menjadi agen perubahan minimal dari keluarga kita sendiri.

“Terdapat kluster baru yaitu kluster keluarga. Hari ini akan kita bagikan 1.200 masker kepada masyarakat Kecamatan Utara. Saya harap masker ini dibagikan kepada masyarakat dan diedukasi tentang potokoler kesehatan,” ingatnya.

Ny Yenita Arbiastuty Edi Kamtono juga menyampaikan terima kasih kepada Wadir Poltekes Kemenkes Pontianak,Camat Pontianak Utara, Danramil Pontianak Utara, Kapolsek Pontianak Utara, dan Lurah se Kecamatan Pontianak Utara.

“Mudah-mudahan, kita semua bersama-sama dapat memutus mata rantai penularan covid 19,” ajaknya.

Dijelaskannya, sudah beberapa titik kegiatan yang kita laksanakan bersama Poltekes Kemenkes Pontianak, dan Kota Pontianak blm selesai dari covid 19, setiap hari terdapat kasus terkonfirmasi covid 19.

Wadir II Poltekes Kemenkes Pontianak Dr Kelana Kusuma Darma S.Kep, M.Kep, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menggerakan masyarakat dalam upaya pencegahan covid 19.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak selama ini. Kampanye ini sebagai bagian dari upaya kita dalam mengurangi dan mencegah terjadinya covid 19,” kata Dr.Kelana Kusuma Darma S.Kep.M.Kep.

Saat ini, di Kota Pontianak, terdapat 184 orang yang terkonfirmasi covid 19 dan terdapat kluster keluarga yang sangat beresiko menularkan covid 19.

“Masyarakat masih mengganggap ini adalah masalah biasa. Banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokoler kesehatan,” ujarnya.

Dijelaskannya, Poltekes Kemenkes Pontianak
akan kampanyekan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1,5 s/d 2 meter.

“Ini kita lakukan karena Pemerintah tidak menerapkan lokdown. Mari kita sama-sama mengkampanyekan 3 M ini sebagai upaya kita dalam pencegahan covid 19,” ajaknya.

Camat Pontianak Utara Affan SH sangat mengapriesiasi kegiatan ini dalam rangka mengkampanyekan penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

“Covid 19 sudah sangat meresahkan dan dalam percepatan penanggulangan perlu upaya-upaya yang kongkrit,” kata Affan.

Khusus Kecamatan Pontianak Utara, hasil survey penggunaan masker masih dibawa standar yaitu sekitar 20%. Para pengunjung pasar masih dibawah 50%.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim penggerak PKK Kota Pontianak dan Poltekes Kemenkes Kota PPontianak yang menjadi inisiasi dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Kegiatan Sosialisasi Protokoler kesehatan ini dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kota Pontianak Ny. Yenita Arbiastuty Edi Kamtono selaku, Wadir II Poltekes Kemenkes Pontianak Dr.Kelana Kusuma Darma S.Kep.M.Kep, Camat Ptk Utara Affan SH, Danramil Pontanak Utara Kapten Inf Supanggih, Kapolsekta Pontianak Utara AKP Hery Purnomo SE.M.Ap, Ketua TP PKK Kecamatan Pontianak Utara, Lurah se Kecamatan Pontianak Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Poltekes Kemenkes Pontianak dan TP PKK Kota Pontianak dalam rangka memberikan sosialisasi dan edukasi tentang protokoler kesehatan yaitu 3 M ( menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak ) dan diharapkan melalui kegiatan ini dapat memutus mata rantai penularan Covid 19. (Lay).