Pelabuhan Internasional Kijing Dalam Tahapan Persiapan Beroperasi

KSOP Pelabuhan Pontianak Totok Murkato

Pontianak.BorneOneTV,Com – Pelabuhan Internasional Kijing yang berada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat menjadi satu harapan baru untuk mendongkrak perekonomian, khususnya untuk perekonomian Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Bahkan beberapa waktu lalu KM Golden Fortune menjadi kapal pertama yang berhasil bersandar di dermaga Pelabuhan Internasional Kijing, sebagai awal dari uji coba Pelabuhan Internasional Kijing.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pontianak, R.Totok Mukarto mengatakan,” saat ini Pelabuhan kijing belum beroperasi dalam arti sedang melakukan proses tahapan- tahapan persiapan guna dapat beroperasi sebagai pelabuhan internasional yang kita sebut sekarang sebagai Terminal kijing.

“Tahapan-tahapan yang sudah dilakukan adalah seperti kemarin telah dilaksanakan trail atau uji coba, di situ dilakukan pengetesan bagaimana untuk kapal bersandar di sana. Namun secara aturan pelabuhan tersebut belum bisa beroperasi, karena ada beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui. Dan kedepan akan dilakukan trail kedua dan seterusnya guna semua itu persiapan pemanfaatan sebagai pelabuhan internasional,” ujar Totok Mukarto.

Totok Murkato juga mengakatakan,” bahwa kedepan pihaknya akan menerapkan satu sistem JIS (Geographic Information System) dengan mengupayakan adanya Control Room di kantor KSOP, yang akan diintegrasikan dengan pelabuhan-pelabuhan berbasis Geographic Information System, yang dapat kita lihat secara cara Real Time sehingga kita dapat melihat segala sesuatu kegiatan di tempat yang jauh melalui program tersebut,”ucapnya. (Dodi).