Kadisdikbud Kalbar Hadiri Webinar Merdeka Belajar Jarak Jauh Telkomsel Tahun 2020

Pontianak, BorneOneTV.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov. Kalbar, Sugeng Hariadi, mewakili Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), menghadiri Webinar Merdeka Belajar Jarak Jauh Telkomsel Tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalbar dalam sambutan Gubernur menjelaskan, wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, telah merubah pola dalam hal pembelajaran di sekolah.

Menyikapi hal tersebut, pembelajaran mulai menerapkan metode belajar dengan sistem jarak jauh secara daring (dalam jaringan) atau online.

Dalam sambutan Gubernur, Kepala Disdikbub Kalbar menegaskan agar guru dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

“Guru juga harus dapat merancang pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media yang tepat, sehingga akan memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk mengexplore materi yang diajarkan,” tegas Kadisdikbud, di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (10/09/2020).

Sistem jarak jauh tidak bisa lepas dari jaringan internet, kendala yang sering dihadapi sebagian para siswa dan guru yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet, kalaupun ada yang menggunakan jaringan seluler kadang jaringannya tidak stabil.

Kadisdikbud Kalbar menjelaskan salah satu solusi, dengan memberikan kebijakan untuk bekerjasama dengan pihak provider internet. “Dalam hal ini pihak PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) membantu proses pembelajaran secara daring, berbagai program kemudahan dan kenyamanan dan mengajar jarak jauh secara daring sangat banyak,” jelas Kadisdikbud Prov.Kalbar.

Kadisdikbud Prov. Kalbar juga mengatakan, sejak Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar jarak jauh dari rumah, PT. Telkomsel menjadi pelopor untuk dunia pendidikan. “PT. Telkomsel menjadi salah satu pelopor untuk layanan dunia pendidikan dan menjadi salah satu program yang diunggulkan selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

(Adpim Setda Prov Kal-bar/Hadin)