450 Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 407/PK Ditugaskan Melaksanakan Operasi di Wilayah Sektor Timur Perbatasan RI-Malaysia

Kubu Raya. BorneOneTV– Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin lansung jalannya upacara pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma, di lapangan apel Makodam XII/Tanjungpura, Sabtu (12/09/2020).

Upacara pemberangkatan diikuti oleh 450 personel Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma dibawah pimpinan Mayor Infantri Catur Irawan, mengantikan tugas dari Satgas Pamtas Yonif 133/YS dari Kodam I/Bukit Barisan yang melaksanakan tugas operasi di wilayah sektor timur perbatasan RI-Malaysia, Kalimantan Barat.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, Satuan Tugas kali ini yang diberangkatkan adalah dari Batalyon 407/Padma Kusuma dari Kodam IV/Diponegoro Jawa Tengah dengan kekuatan sebanyak 450 orang, yang akan menduduki wilayah sektor Timur perbatasan RI-Malaysia dengan tugas dan tanggung jawab pengawasan Patok 17, sebanyak 2.411 dan luas areal perbatasan harus diamankan, seluas kurang lebih 250 km.

Selain dari itu, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga mengatakan, bahwa tugas-tugas yang akan dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma adalah, pertama kedisiplinan yang di amanatkan, bahwa mereka berkewajiban untuk menjaga keamanan, menjaga situasi di wilayah perbatasan antara RI-Malaysia di sektor Timur.

“Kemudian tugas tugas yang dilaksanakan lainnya adalah, mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan ilegal, seperti illegal logging, illegal trading dan ilegal trafficking, termasuk juga pelintas batas ilegal, serta penyelundupan-penyelundupan,seperti narkoba, flora dan fauna, termasuk penyelundupan sembako- sembako.

Menurut Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Satgas ini sudah dilengkapi dan sudah dilatih, sehingga dirinya berpesan agar Satgas dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta dapat melaksanakan pembinaan teritorial di masyarakat.

“Dan berhubung saat ini sedang dalam masa covid-19, harus dilaksanakan juga bagaimana untuk bisa menjaga masyarakat perbatasan agar terbebas dari covid-19,”ucap Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.(Dodi).