Wakil Bupati Aloysius laksanakan 3 kegiatan dalam satu hari di Desa Belitang 1

Sekadau, BorneOneTV.com – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius laksanakan 3 kegiatan dalam satu hari di Desa Belitang 1, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan tersebut diantaranya, Peresmian kantor Desa Belitang 1, peresmian Rumah Gizi dan lomba Sampan Bidar Race Bupati Cup 2020.

Saat di wawancarai, Wabup Sekadau, Aloysius berharap dengan diresmikannya kantor desa Belitang 1 maka pelayanan publik untuk masyarakat semakin di tingkatkan sehingga seluruh proses kegiatan dapat terpusatkan di kantor desa.

dan dengan di resmikannya rumah gizi maka pelayanan publik untuk masyarakat juga semakin di tingkatkan sehingg dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting serta gizi buruk di Kabupaten Sekadau.

Mengingat kasus stunting di Kabupaten Sekadau masih tinggi dan masuk dalam urutan ke empat tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

“Kita berkomitmen pembangunan kantor desa dan rumah gizi harus dilakukan terus-menerus, sehingga seluruh desa yang terdiri dari 87 desa Se-kabupaten Sekadau memiliki kantor desa yang layak.” ungkap Aloysius.

“Atas dasar inilah Pemerintah melalui Dinas Kesehatan membuat terobosan berupa pembangunan rumah gizi, sebanyak 25 buah se-Kabupaten Sekadau. Untuk di kecamatan Belitang ada 3 buah diantaranya, rumah gizi berada di desa Padak, Maboh Permai, dan Belitang 1,” jelas Wabup Aloysius.

Dirinya menuturkan, untuk dapat menangani/mencegah gizi buruk semua elemen masyarakat harus terlibat baik itu segi kesehatan, ekonomi, pertanian dan pendidikan.

“Harapan kita para kader posyandu, PKK desa, kelompok pemuda/pemudi dll. Dapat berinovasi dalam rangka mencegah masalah stunting di Kabupaten Sekadau,” tutupnya

terkait dibukanya lomba Sampan Bidar Race Bupati Cup 2020. Aloysius memastikan Pemkab Sekadau sangat mendukung kegiatan tersebut. Mengingat lomba sampan Bidar merupakan perlombaan yang digandrungi oleh masyarakat Kabupaten Sekadau. Khususnya warga yang tinggal di pesisir sungai Kapuas.

“Kita berkomitmen penuh untuk memajukan olahraga sampan bidar ini, untuk itu kita hadir untuk memberikan arahan,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas kesehatan PP dan KB Sekadau Henry Alpius Mengungkapkan untuk angka stunting di Kabupaten Sekadau pada tahun 2013 itu 44%, 2017 turun jadi 39%, sampai sekarang 30%.

“Jadi target kita di bawah 20% itu untuk di Kabupaten Sekadau, itu jauh di bawah provinsi dan kita harapkan stunting ini di bawah standar yang diperbolehkan WHO. Jadi ada penurunan dan kita ingin percepatan yang signifikan itu program Bupati dan Wakil Bupati Sekadau melalui Dinas Kesehatan,” pungkas Henry Alpius.

Kades Belitang 1, Basri mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau, atas pembangunan yang dilaksanakan di desa Belitang 1.

“Mudah-mudahan dengan kantor desa yang baru, menjadi pemicu semangat, agar kami dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat desa Belitang 1,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Belitang, Hermansyah. Dirinya berterima kasih atas komitmen Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Sekadau dalam membangun Sekadau yang dimulai dari desa.

“Semoga dengan adanya kantor desa yang cukup megah ini pelayanan kepada masyarakat juga meningkat,” pungkasnya. (krisantus).