Wagub Kalbar Terima Laporan Grand Design Tentang Kependudukan

Pontianak, BorneOneTV.com – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H. Ria Norsan, menerima audiensi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat terkait penyusunan buku Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK).

Wagub Kalbar menjelaskan tujuan dari BKKBN Prov. Kalbar berkunjung untuk menyerahkan hasil laporan grand design tentang kependudukan.

“BKKBN datang hanya menyerahkan hasil laporan grand design tentang kependudukan, kemudian masyarakat yang ber-KB, masyarakat yang menggunakan kontrasepsi. Tujuannya membuat satu grand design kependudukan (data-data tentang kependudukan).,” Jelas Wagub di Ruang Kerja, Selasa (15/09/2020).

H. Ria Norsan juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri akan mempunyai satu data yang sudah di-Pergub-kan oleh Gubernur Kalbar.

“Nanti kita punya satu data yang bisa diakses untuk seluruhnya, sebagai contoh data tentang pertanian, berapa cadangan beras di Bulog, kemudian lahan pertanian berapa luasnya, hasilnya berapa,” jelas Wagub Kalbar.

Wagub mengungkapkan grand design ini diperlukan, apabila akan membuat sebuah perencanaan kedepannya, maka data ini harus solid dan valid.

“Sehingga dengan data yang solid ini, kita bisa membuat perencanaan yang matang dan hasil yang maksimal,” ungkap Wagub Kalbar.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalbar, Tenny Calvenny Soriton, ditempat yang sama mengatakan, grand design bisa digunakan untuk bahan menentukan kebijakan di Kalbar terutama masalah kependudukan di Kalbar.

“Penyusunan grand design ini tidak hanya dilakukan oleh BKKBN tapi melibatkan instansi terkait seperti BPS, Diskes, Dukcapil, Bappeda, mitra lainnya dan serta organisasi yang terkait dengan kependudukan,” ungkapnya.

(Adpim Setda Prov Kal-bar/Hadin)