Guna memastikan tahapan Protokol kesehatan Dinkes Sekadau melakukan penyemprotan Disinfektan

Sekadau, BorneOneTV.com – Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau lakukan penyemprotan Disinfektan di GOR Mungguk Ransa Sekadau lokasi Penyelengaraan MTQ, guna memastikan tahapan protokol kesehatan untuk keamanan pelaksanaan MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau. Rabu (16/9).

Saat di wawancarai, Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau, Henry Alpius, mengungkapkan, Dalam rangka menyukseskan MTQ ke XXVIII di tengah pandemik Covid-19, salah satu upaya yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan.

“ada beberapa langkah yang kami lakukan. Dari mulai persiapan kedatangan kafilah, kita melaksanakan rapid test bagi kafilah yang belum. kita lakukan disinfeksi, kepada seluruh area panggung utama dan rumah-rumah kafilah. jam 8 ini kita mulai di seluruh area, untuk penutupan kegiatan nantinya juga begitu,” ujar Henry.

Selain melakukan disinfeksi, Ia mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan ambulance yang siap sedia selama kegiatan dan setiap hari tim nya akan berkunjung ke penginapan kafilah, guna memastikan kesehatan mereka selama mengikuti kegiatan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan hingga saat ini, kendala yang ditemui dalam penerapan tahapan protokol kesehatan belum ada. Adapu sebagai bentuk antisipasi, Pihaknya sudah menyiapkan klinik lapangan dan Posko kesehatan beserta ambulance yang siap sedia 24 jam selama kegiatan MTQ, yang dimulai sejak tanggal 16-21 September 2020 di Kabupaten Sekadau.

“kita ada posko, kemarin kita sudah persiapkan dan observasi semua, baik itu fasilitas kesehatan, pos VIP. Pos VIP juga kita siapkan peralatan dan tenaga medis, kalau memang ada permasalahan,misalnya nanti kalau ada yang demam, kita tidak boleh masuk area, kita masuk dalam pos pemantauan dulu. kita siaga dengan klinik lapangan untuk kondisi darurat, kalau ada yang sakit sebelum di rujuk kita istirahatkan di pos lapangan,” terangnya.

Mengenai tenaga medis yang akan bertugas selama pembukaan Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius sebut siapkan 60 tenaga kesehatan dan para medis guna sukseskan pembukaan MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemik Covid-19.

“untuk pembukaan dan penutupan semua bidang di Dinkes dan Puskesmas kita turunkan, jadi ada sekitar 60 tenaga medis, tujuannya untuk pengawasan dan pelaksanaan protokol kesehatan dan mengingatkan jika ada kerumunan orang untuk menjaga jarak,” tandas Henry Alpius

Selain tenaga medis (Dinas Kesehatan) pilihannya juga akan berkerjasama dengan TNI, Polri, Dishub dan Sat Pol PP yang tergabung dalam gugus tugas, dengan menyebar dalam dua area, yaitu, di tribun dan di pintu masuk lokasi kegiatan.

Mengenai tenaga medis yang bertugas selama kegiatan berlangsung, Henry menyebut ada 28 orang yang masuk dalam tim inti, baik tenaga medis maupun para medis.

28 petugas ini nantinya juga akan disebar dalam sejumlah posko kesehatan,terbagi dari di lokasi kegiatan hingga yang bertugas patroli ke penginapan kafilah masing-masing dari 14 kabupaten/kota yang hadir di Kabupaten Sekadau. (Krisantus)