Kabupaten Kubu Raya Berpotensi Jadi Kandidat Lokasi WMC

Pontianak, BorneOneTV.com_Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asiaten II) Sekda Kalbar, Drs Junaidi, M.M mengatakan, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar berpotensi menjadi lokasi World Mangrove Centre.

“Pemprov Kalbar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan berinisiasi menindak lanjuti peluang tersebut dengan mengajukan ekosistem mangrove di Provinsi Kalbar untuk di jadikan WMC direncanakan berkedudukan di Kabupaten Kubu Raya,” kata Drs Junaidi, M.M, Kamis (17/8), saat Pimpin Rapat Pelaksanaan
Pembahasan Dukungan Gubernur Kalbar terhadap pembentukan World Mangrove Centre (WMC).

Rapat tersebut, Asisten II Sekda Kalbar
didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Adiyani, M.T, serta Kepala Biro Perekonomian Setda Kalbar, Frans Zeno, S.STP di Ruang Praja 2 Kantor Gubernur Kalbar.

Menindaklanjuti arahan Gubernur Kalbar untuk memberikan kajian usulan pembentukan World Mangrove Centre atas
Surat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 090/1072/DLHK-V/KSDAE tanggal 12 Agustus 2020 tentang Permohonan Dukungan World Mangrove Centre di Kalbar.

Dikatakannya, berdasarkan data Luas Mangrove Kubu Raya terluas dibanding Kabupaten lainnya dari total luas hutan mangrove 177.023,738 Ha Kubu Raya memiliki luas hutan mangrove seluas 129.604,125 Ha serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang langka antara lain Bakau Mata Buaya yang hanya terdapat di 4 negara yaitu Singapura, Malaysia, Papua Nugini, dan Indonesia. Selain hal tersebut.

“Hutan Mangrove Kubu Raya terdapat mangrove sebanyak 33 jenis mangrove sejati dari 40 jenis mangrove sejati yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya, hal-hal yang menjadi pembahasan dalam rapat adalah mengenai potensi sebagai World Mangrove Centre merupakan bukti komitmen Pemprov Kalbar dalam menjaga ekosistem mangrove yang kaya akan keunikan dan keanekaragaman hayati sehingga kedepannya akan menjadi pusat penelitian dan pendidikan hingga wisata hijau yang akan dikelola langsung oleh masyarakat pesisir, pembahasan mengenai kelembagaan(organisasi), pembiayaan, pengelola dan berbagai aspek terkait lainnya dan Perlunya Dukungan Gubernur Kalbar terhadap pembentukan World Mangrove Centre di Hutan Mangrove Kubu Raya.

Pelaksanaan Rapat Pembahasan Dukungan Gubernur Kalimantan Barat terhadap pembentukan World Mangrove Centre juga dihadiri Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura serta dari LSM Sampan Kalbar. (Lay).