Wakil Bupati Sekadau Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Balai Sepauk

Sekadau, BorneOneTV.com – Wakil Bupati Sekadau Aloysius menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas balai sepauk, kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Jumat (18/09)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua GOW kabupaten Sekadau, Kepala dinas PP dan KB, BPKAD kabupaten Sekadau, Kasad PolPP, BPKSDM Kabupaten Sekadau, PDAM Sirin meragun kabupaten Sekadau, forkompincam, tokoh agama balai sepauk dan Tokoh masyarakat Balai Sepauk serta masyarakat yang ada di kecamatan belitang hulu.

Kepala Desa Balai Sepuak, Efa Fras mengungkapkan rasa syukurnya kepada Pemda kabupaten Sekadau yang sudah mau membantu pembangunan yang ada di desa Balai Sepauk.

“kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat balai sepuak, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan puskesmas yang sudah di bangun oleh Pemkab Sekadau”ungkapnya.

Sebagai kepala desa, dirinya bersama masyarakat setempat sangat mendukung penuh pembangunan yang sudah di lakukan selama ini

“Kami menyambut baik apa yang telah di jalankan Pemerintahan kabupaten Sekadau, karena menurut kami pembangunan dengan nilai 7 milyar ini, kami berharap dapat berjalan dengan baik”. Pungkasnya.

Senada dengan kepala desa Balai Sepauk, Camat belitang hulu, Yohanes Dempek juga mengucapkan terimakasih nya kepada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yang sudah mau mendukung pembangunan di Kecamatan Belitang Hulu.

“Terimakasih kepada bapak Bupati Sekadau dan wakil Bupati Sekadau berserta jajarannya, karena sudah mau mendukung pembangunan di belitang hulu ini, untuk itu masyarakat yang ada di belitang hulu juga sangat mendukung program dari pemerintah daerah kabupaten Sekadau”. Kata camat belitang hulu Yohanes Dempek

Sementara itu, kepala Dinas kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau, Hendry Alpius memaparkan, seperti yang di ketahui sasaran pokok rencana strategis dinas kesehatan PP dan KB kabupaten sekadau yaitu penyelenggaraan pembanguan kesehatan dalam upaya mewujudkan visi pembangunan kabupaten sekadau yaitu terwujudnya kabupaten sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing terutama misi ke tiga yaitu mewujudkan kualitas sumber daya manusia.

“rencana strategis dinas kesehatan, PP dan KB kabupaten sekadau salah satunya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kesehatan, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan lanjutan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dasar”. Kata Hendry Alpius.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pembangunan atau rehabilitasi total puskesmas balai sepuak merupakan salah satu pembangunan yang didanai melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) fisik bidang kesehatan yang dianggarkan pada tahun 2020 total nilai kontrak Rp.7.208.400.445 dengan proses pengajuan diusulkan oleh pemerintah daerah kabupaten sekadau.

“proyek strategis daerah yang pengajuan usulan kepada kementerian kesehatan republik indonesia langsung dipimpin oleh bapak wakil bupati, sekretaris daerah, kepala BPKAD, KA BAPPEDA LITBANG dan SKPD Pengampu yaitu dinas kesehatan PP dan KB dan pujl syukur tahun ini kita bisa melaksanakan pembangunan puskesmas balai sepuak untuk menggantikan gedung yang lama”. Terangnya.

Pemerintah Daerah kabupaten sekadau memang terus berupaya meningkatkan pelayanan sektor kesehatan untuk masyarakatnnya. pembangunan atau relokasi puskesmas balai sepuak menjawab akan adanya kemajuan dalam pembangunan bidang kesehatan dan menjadi bukti perhatian khusus dari pemerintah kabupaten sekadau dalam sisi kesehatan.

pembangunan puskesmas balai sepuak ini menurut Kepala dinas kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau merupakan salah satu bagian dari 4 puskesmas yang tahun ini dibangun dan merupakan puskesmas fototype akan memiliki bangunan baru dilengkap rawat inap, UGD, ruang bersalin area taman dan lengkap juga langsung dengan alat penunjang pemeriksaan kesehatan laboratorium klinik terstandar RS Pratama.

“kita merasa bangga atas dibangunnya puskesmas ini sehingga masyarakat khususnya kecamatan belitang hulu dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh jika harus berobat dan rawat inap.

harapan kita bisa selesai sesuai deadline rencana yang telah ditetapkan. kita tahu bahwa pembangunan ini merupakan milik kita semua dan bukan milik pemerintah daerah saja tapi juga milik masyarakat. oleh karena itu marilah kita sama-sama mengawasi selama proses pembangunannya kedepan”. Harapnya.

puskesmas balai sepuak merupakan salah satu puskesmas yang telah terakreditasi dengan status terakreditasi tingkat madya. dengan pembangunan puskesmas balai sepuak ini diharapkan kepada jajaran dilingkungan puskesmas balai sepuak khususnya, agar jangan hanya gedung saja yang bangun, akan tetapi sdm pegawai dan kebutuhannya serta pelayanannya harus ditingkatkan sehingga memiliki syarat akreditasi yang pada akhirnya masyarakat yang sakit menjadi sehat.

“Kami menyadari bahwa pembangunan ini tidak akan berhasil tanpa didukung oleh kerjasama berbagai pihak baik lintas program maupun lintas sektor serta adanya sistem perencanaan yang kuat untuk itu kami atas nama dinas kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana menyampaikan ungkapan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati yang sangat-sangat konsisten dan berkomitmen serta terbukti terhadap pembangunan dibidang kesehatan terutama menyangkut masalah kebutuhan akan kesehatan masyarakat”. Tutupnya.

Wakil Bupati Sekadau Aloysius, mengatakan tujuan dari pembangunan puskesmas ialah sebagian bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses dari segi kesehatan.

sesuai dengan fungsinya, puskesmas sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat, membina peran serta masyarakat dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat, serta memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

“puskesmas balai sepuak merupakan salah satu puskesmas tertua di kabupaten sekadau. puskesmas balai sepuak telah ada selama kabupaten sekadau belum dimekarkan yang artinya puskesmas balai sepuak didirikan oleh kabupaten sanggau”. Kata wakil Bupati Sekadau Aloysius.

oleh sebab itu lanjut orang nomor dua di kabupaten Sekadau saat ini pemerintah daerah kabupaten sekadau akan merelokasi bangunan puskesmas balai sepuak, mengingat lokasi bangunan puskesmas yang ada kurang refrensentatif dan harus menyesuaikan dengan fototype puskesmas sesuai ketentuan gedung puskesmas yang diatur dalam peraturan menteri kesehatan republik indonesia.

“jika dilihat dari desain rencana bangunan puskesmas balai sepuak, maka masyarakat belitang hulu sangat bersukur dimana diantara kecamatan yang ada di kabupaten sekadau belum ada puskesmas yang semegah puskesmas balai sepuak, dan ini merupakan puskesmas pertama di kabupaten sekadau yang terstandar sesuai dengan peraturan menteri kesehatan”. Tandasnya

Lebih lanjut, Aloysius menjelaskan pembangunan puskesmas balai sepuak bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang kesehatan tahun anggaran 2020 dengan jumlah alokasi anggaran sebesar Rp. 7.208.400.445.(tujuh milyar dua ratus delapan juta empat ratus ribu empat ratus empat puluh lima rupiah)

Dirinya juga berharap kepada pihak pelaksana dengan anggaran yang sebesar ini agar dalam pekerjaan pembangunan harus sesuai dengan perencanaan yang telah dl buat dan juga kepada dinas kesehatan selaku dinas teknis pelaksanaan pembangunan puskesmas ini dapat mengawasi proses pembangunan ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan dibangunnya puskesmas yang baru ini harapan kita pelayan kesehatan kepada masyarakat belitang hulu semakin optimal serta dapat memanfaatkan bangunan yang baru ini dengan sebaik mungkin, dan juga kepada tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas balai sepuak agar lebih giat dan gencar dalam memberlkan pelayanan kesehatan, serta memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi dari puskesmas”. Tutup Bupati Sekadau Aloysius. (Krisantus)