Beri Rasa Aman Bagi Keluarga Besarnya, Lanud Supadio Gelar Tes Swab

Kubu Raya, BorneOneTV.com_Lanud Supadio melakukan tes swab massal ke seluruh keluarga besar baik personel militer, PNS serta keluarganya sebagai langkah cepat dalam pencegahan yang digelar di gedung Teddy Kustari, Sabtu (19/09).

Melalui kerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, setidaknya sekitar 1000 alat tes telah disiapkan dengan didukung sejumlah 50 orang tenaga kesehatan yang menanganinya.

Menurut Komandan Lanud (Danlanud) Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M tes swab bertujuan untuk melakukan pendataan dan langkah antisipatif terhadap penyebaran Covid-19 dilingkungan kerjanya.

“Pada intinya, kita tes seluruh keluarga besar kita baik personel militer, PNS maupun keluarganya untuk melakukan pendataan sekaligus langkah antisipatif,” kata Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M.

Danlanud Supadio berharap, dalam pelaksanaan tugas, tidak ada rasa kekhawatiran akibat penyebaran Covid-19 yang sangat massif ini sehingga seluruh personel dapat bertugas secara optimal dan memberikan rasa aman apabila berkumpul dengan keluarga.

Kemudian, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Angkatan Udara dr. Mohammad Sutomo Letkol Kes dr. Ary Eko Arjunanto, Sp.Pd., FINASIM ditempat yang sama mengatakan bahwa tes swab ini dilaksanakan secara bergelombang.

“Swab yang ditangani petugas kesehatan ini, kita bagi dalam beberapa gelombang mengingat jumlah personel dan keluarga yang mengikuti cukup banyak. Jadi, kita bagi perkelompok satuan kerja,” tutur Karumkit.

Selain itu, menurutnya dalam pelaksanaan swab tetap mengikuti protokol kesehatan dari mulai pendaftaran hingga pengambilan sampel cairan/lendir baik bagi peserta swab maupun petugas kesehatan.

Selanjutnya, dari hasil tes swab yang dilakukan kali ini diharapkan dapat diketahui status kesehatan masing-masing personel serta langkah pencegahan dan penanganan terhadap penyebaran Covid-19 dapat dilakukan lebih optimal. (Lay).