Kadiskes Kota Pontianak Pimpin Penindakan Yustisi di Kota Pontianak

Pontianak, BorneOneTV.com_Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Dr. Sidiq Handanu Widoyono M.Kes bersama Kasat Pol PP Kota Pontianak Syf. Adriana Farida SE, M.Si, Wakasat Sabhara Polresta Pontianak Kota AKP Manurung, dan Kapolsekta Pontianak Utara AKP Hery Punomo SE, M.Ap, melaksanakan penindakan yustisi terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19 di Wilayah hukum Polsekta Pontianak Utara, Sabtu (19/9).

Dalam kegiatan ini, juga melibatkan Tim Gabungan Satgas Aman Nusa II Polda Kalbar dan Polresta Pontianak Kota sebanyak 150 personil, Personil Kodim 1207 Pontianak sebanyak 6 personil, Satpol PP Provinsi Kalbar dan Satpol PP Kota Pontianak sebanyak 30 personil, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak sebanyak 10 personil dan PMI Kota Pontianak sebanyak 5 personil.

Lokasi kegiatan penindakan yustisi terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19 di Wilayah hukum Polsekta Pontianak Utara di
– Kuliner BPAS Siantan Jalan Gusti Situt Mahmud Gang Selat Makasar Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara, Bikinin Cafe Jalan 28 Oktober Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Kawasan Cafe Papa dan sekitarnya Jalan 28 Oktober Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Kawasan Cafe Borobudur dan sekitarnya Jalan 28 Oktober Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara.

Hasil dalam pelaksanaan kegiatan ini, Tim Gabungan Satgas Aman Nusa II Polda Kalbar dan Polresta Pontianak Kota melaksanakan Tes Swab terhadap 1 (satu) orang pengunjung yang tidak menggunakan masker di Kuliner BPAS dan diberikan peringatan oleh Sat Pol PP Kota Pontianak terhadap pihak pengelola.

Kemudian, Tim Gabungan Satgas Aman Nusa II Polda Kalbar dan Polresta Pontianak Kota juga melaksanakan Tes Swab terhadap 2 (dua) orang pengunjung yang tidak menggunakan masker di Cafe Papa dan diberikan peringatan oleh Sat Pol PP Kota Pontianak terhadap pihak pengelola.

Dalam kegiatan tersebut telah disampaikan himbauan dan sosialisasi kepada pihak pengelola dan para pengunjung cafe antara lain untuk Mensosialisasikan Pergub Kalbar No. 110 Tahun 2020 dan Perwako No. 58 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 diwilayah Kota Pontianak.

“Melakukan pemasangan pamflet Perwako No. 58 Tahun 2020 di cafe-cafe dan melakukan himbauan kepada para pihak pengelola dan pengunjung cafe agar memperhatikan protokoler kesehatan seperti mewajibkan para pengunjung cafe untuk menggunakan masker, menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan selalu menjaga jarak,” ingat Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Dr. Sidiq Handanu Widoyono M.Kes.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bentuk upaya dari Pemerintah dan TNI-Polri dalam mendisiplinkan masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru menghadapi penyebaran wabah virus Covid-19.

Kegiatan ini masih ditemukannya masyarakat yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktifitas diluar rumah, hal ini menandakan masih kurangnya rasa kepatuhan warga masyarakat dalam mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 (corona).

“Saat ini memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, terjadi peningkatan masyarakat yang melakukan aktifitas diluar rumah sehingga kurang kesadaran dalam menanggapi situasi darurat pandemi Covid-19,” ujarnya. (Lay).