26 Pasangan Kawin Adat Jalani Sidang Pernikahan Oleh Disdukcapil Kota Pontianak

Pontianak, BorneOneTV.com_Sebanyak 26 pasangan Pernikahan secara adat maupun secara Agama, untuk menjalani sidang Pernikahan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak di Aula Majelis Tinggi Agama Khonghucu (MAKIN) Kota Pontianak, Senin (28/9).

“Momen ini untuk mendorong masyarakat
melaksanakan kewajibannya untuk mengurus dokumen pencatatan perkawinannya yang sah dan diakui oleh negara. Sesuai aturan perundang-undangan yang ada,” kata Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Kota Pontianak Dini Eka Wahyuni.

Dikatakannya, pasangan perkawinan yang belum tercatat oleh Negara, karena suatu perkawinan belum dapat diakui keabsahannya jika tidak dicatatkan.

“Pencatatan itu untuk tertib administrasi, memberikan kepastian hukum bagi status hukum suami, istri, dan anaknya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MAKIN Kota Pontianak, Tjhin Djie Sen menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Disdukcapil Kota Pontianak yang telah memberikan pelayanan permohonan Pencatatan Akta Perkawinan langsung jadi.

“Kami sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas pelayanan Disdukcapil Kota Pontianak yang telah melayani umat kami dalam pencatatan Akta Perkawinan mereka,” ucap Tjhin Djie Sen, saat ditemui disela-sela memberikan Pelayanan Permohonan Pencatatan Akta Perkawinan di Sekretariat MAKIN Kota Pontianak.

Ketua MAKIN Kota Pontianak juga mengakui, masih banyak perkawinan yang dilaksanakan hanya secara agama atau adat tanpa melaporkan ke Disdukcapil untuk dicatatkan secara sah.

“Masih banyak umat kami yang belum memiliki akta perkawinan. Kami berharap, semakin banyak umat kami yang sudah tercatat perkawinannya,” harapnya. (Lay).