Karyawan Bank di Pontianak Terkonfirmasi positif Covid-19

Pontianak, BorneOneTV.com_Penambahan klaster konfirmasi positif Covid-19, semakin tinggi setiap harinya yakni klaster perkantoran dan Bank yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, mengungkapkan sekitar 20 orang klaster perkantoran Bank terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Pontianak klaster tersebut sudah menduduki peringkat ke 2 sesudah klaster rumah tangga. Ujarnya kepada awak media. “Senin 28/9/2020

“Dibeberapa kantor itu sudah banyak terkonfirmasi positif Covid-19, jadi ada Bank, ada fasilitas kesehatan dan kantor-kantor tertentu itu sudah cukup banyak”

Ia mengungkapkan terkait klaster perkantoran Bank perlu penanganan tersendiri karena jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 cukup banyak. Sehingga pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Prov Kalbar dan pimpinan Bank untuk membuat tempat isolasi mandiri khusus.

Kemudian di Pontianak ada satu Bank yang banyak terkonfirmasi positif Covid-19 di tempat yang berbeda atau kantor cabang.

“Nah ini yang harus kita waspadai tidak hanya di satu tempat, tetapi sudah menyebar keberapa perkantoran”

Tidak hanya Bank tetapi semua tempat berisiko, terutama perkantoran yang sering mengadakan kegiatan rapat dengan ruangan tertutup tidak ada pentilasi, kemudian ruangan ber AC, dan lama waktu mengadakan kegiatan hal tersebut yang menjadi perhatian dengan beresiko besar.

Kebijakan dari Walikota Pontianak bahwa yang sudah melakukan swab test baru pejabat eselon 2&3 dan beberapa eselon 4. Namun masih ada kebijakan semua ASN Kota Pontianak melakukan swab test

Dinas kesehatan Kota Pontianak masih melakukan proses kebijakan dan saat ini memprioritaskan ASN yang dikantornya terkonfirmasi positif Covid-19.

Di gelombang pertama Pontianak sudah mengalami dimana jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 adalah nol di periode bulan Maret- Juli 2020. Namun bulan Juli hingga saat ini merupakan gelombang ke2 dan disitu ada perbedaan yang bermaknya. ” Ujarnya Sidiq Hamdano

” Waktu gelombang satu perhari rata-rata terkonfirmasi positif Covid-19 hanya 1 orang, tetapi gelombang ke 2 sudah mulai naik 2-3 orang terkonfirmasi positif Covid-19 setiap harinya”

Ia menjelaskan bahwa kasus konfirmasi positif Covid-19 di Pontianak cukup tinggi di tambah lagi dari sampel swab test yang semakin banyak. Hingga saat ini Pontianak berada di zona orange yang sudah mendekati merah, akan tetapi kalau tidak ada upaya-upaya yang agresif dan segnifikan dan hal itu bisa masuk di zona merah.

Kapasitas isolasi yang sudah tersedia di Rusunawa sekitar 100 orang yang saat ini perharinya bisa ditempati 10-15 orang. Jadi kalau masuk 5 orang maka keluarnya 5 orang tapi rata-rata sekarang 10 orang.

Kedepanya bila mana sudah cukup tempat isolasi kasus konfirmasi positif Covid-19 yang lebih banyak. Islolasi mandiri seharusnya tidak dilaksnakan karena resikonya sangat tinggi dan takut menjadi transaksi virus atau kelaster tingkat keluarga. “Pungkasnya (Hadin)