Sampel Swab Test Covid-19 Pontianak Sudah Melebihi Target WHO

Pontianak, BorneOneTV.com_Kepala Dinas Kota Pontianak mengunkapkan kasus konfirmasi positif Covid-19 saat ini terdapat 258 orang kasus konfirmasi positif Covid-19 dimana 199 /80% dinyatakan sembuh sedangkan 50 orang menjalani isolasi mandiri atau Rusunawa dan 9 orang meninggal dunia. Ujarnya kepada awak media di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. “Senin 28/9/2020

Sidiq Handanu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, mengatakan penegakan protokol kesehatan dalam mengantisipasi peningkatan kasus konfirmasi positif covid-19 seperti yang disampaikan oleh Walikota Pontianak melakukan pembatasan aktivitas masyarakat bertemunya satu orang dengan orang lain khususnya di malam hari. “Kata Handanu

Lanjutnya, teknis pembatasan aktivitas dimalam hari, ia masih menunggu surat edaran dari Walikota Pontianak, kemudian penegek kedisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan oleh Satpol-PP dan penegak Hukum TNI-Polri.

Kemudian target sample Swab di Kota Pontianak sudah sangat melebihi dan sudah memenuhi standar yang ditentukan oleh WHO sebanyak 1permil jumlah penduduk.

“Jadi Kota Pontianak untuk sample Swab dalam satu minggu sekitar 600 sample Swab test”

Penyelenggara PCR di Kota Pontianak sudah banyak, selain dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pontianak, Dinas Kesehatan Prov Kalbar dan swadaya masyarakat melalui laboratorium kesehatan Negri/Swasta untuk PCR melalui Prodia dan Sakura laboratorium.

Kemudian untuk pemeriksaan PCM di lakukan di RSUD Soedarso dan PCR di lakukan RS Untan Pontianak. Dari bulan September hingga dengan saat ini total 4.900 dua specimen dan angka tersebut sudah melebihi dari standar WHO. Pungkasnya (Hadin)