Anggota Kodim 1203 Ketapang Menyelamatkan Kapal Nelayan Terbakar di Laut

Ketapang, BorneOneTV.com_Anggota Kodim 1203/Ketapang menyelamatkan dan evakuasi kecelakaan kapal nelayan di laut Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa terjadinya kecelakaan kerja kapal nelayan terbakar di laut ketapang pada pukul 14.00 wib Jumat, 2/10/2020

Setelah mendapat laporan tersebut Koptu Nanang J langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Pasi log Kodim 1203/Ketapang Letda Inf Sudiarto dan dilanjutkan melaporkan perihal tersebut kepada Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta, SH, M.Sc. untuk meminta petunjuk.

Kemudian Dandim memerintahkan kepada Anggota Staf Log Serda Edi dan Koptu Nanang J (sbg petugas operator/har KMC-V 17 disamping tugas sehari-hari) untuk segera membantu menyelamatkan nelayan yang mengalami musibah tersebut dengan mengutamaan  faktor keamanan

Atas perintah Dandim 1203/Ketapang pukul 14.15 wib Serda edi bersama Koptu Nanang beserta satu orang masyarakat berangkat menuju lokasi menggunakan KMC-V 17 milik Kodim 1203/Ketapang, kemudian pukul 15.05 wib sampai di lokasi kejadian dan mendapati Kapal nelayan dalam kondisi terbakar serta langsung mengadakan upaya evakuasi korban ke darat.

Kemudian korban dibawa ke rumah sekitar pukul 15 :25 Wib dan dilanjutkan ke RS Agusdjam menggunakan ambulance untuk penanganan lebih lanjut.

Kronologis terjadinya kebakaran kapal nelayan

Serda Edi, menjelaskan seorang ABK Kapal nelayan yang bernama Almunzir agama Islam umur 50 tahun pekerjaan nelayan alamat jln gajah Mada kel.sampit Kec. Delta Pawan Kab. Ketapang sedang memperbaiki mesin kapal yang rusak.

Kemudian dalam proses perbaikan mesin dilakukan dengan cara dipancing menggunakan bensin dan terjadi percikan api menyambar jerigen yang berisi bensin disamping mesin kapal. Sehingga mengakibatkan terbakarnya jerigen yang berisi bensin, dan tubuh korban Almunzir terbakar.

Hingga korban membuang jerigen berisi bensin yang terbakar kelaut dan menceburkan diri ke laut untuk memadamkan api yang sedang membakar tubuhnya. Saat ini korban dalam perawatan intensif di RSUD Agoes Djam Ketapang. “Pungkasnya Serda edi (tim)