Gubernur Kalbar Harap ASEPHI Kalbar Mendorong Para Pengrajin Untuk Berinovasi

Pontianak, BorneOneTV.com_Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menghadiri Acara Pelantikan Pengurus BPD Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Kalbar masa bakti Tahun 2020-2025 secara virtual di Ruang Data Analytic Room, Selasa (06/10).

Gubernur Kalbar H Sutarmidji berharap kedepannya ASEPHI bisa memberikan kontribusi yang besar untuk inovasi kerajinan-kerajinan khas Kalimantan Barat.

“Sering-sering berkoordinasi dengan kedubes-kedubes RI diluar sehingga apa yang dipasarkan kerajinan kita itu bisa diminati negara lain,” harap H Sutarmidji.

Gubernur juga meminta harus ada tempat pelatihan untuk lebih meningkatkan kualitas produk, serta inovasi terus dilakukan.

“Kemudian harus ada tempat pelatihan untuk lebih meningkatkan kualitas produk dan inovasi-inovasi terus dilakukan bahkan bila perlu mengundang para pakar desainer. Desainer dalam artian produk-produk bentuk kerajinan,” pesannya.

Orang nomor satu di Kalbar ini menginginkan souvenir-souvenir yang dijual khusus dari Kalbar dan diproduksi di Kalbar, sehingga bisa menambah omset pedagang.

“Bahkan kedepannya juga akan melakukan lomba berinovasi souvenir untuk Provinsi setiap tahunnya, sehingga nanti pemenangnya akan diminta untuk memproduksi,” ungkap Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar berharap ASEPHI memperhatikan itu dan bisa mendorong para pengrajin untuk terus tetap berinovasi sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik. (Lay).